Jumat, 21 Juli 2017

Kembangkan Usaha Tanpa Kesampingkan Keluarga

Peluang usaha konveksi sangatlah menarik untuk dijalankan. Selain produknya yang selalu dibutuhkan, usaha ini dapat dilakukan di rumah serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Produknya pun beragam, mulai dari pakaian anak, busana muslim, seragam sekolah, sprei, jilbab, mukena, dan masih banyak lagi.

IMG 6406

Usaha konveksi ini pula yang menjadi pilihan Dewi, seorang ibu rumah tangga warga Desa Karangrejo Kecamatan Kandat. Berawal dari hobi, ibu dua orang anak ini membangun usahanya di rumah. Keluarga menjadi alasan utama karena dengan membuka usaha di rumah, Dewi bebas menjalankan usahanya tanpa harus meninggalkan keluarga tercinta.

IMG 6402

Bersama suami, Dewi memulai usaha konveksi empat tahun lalu. Ia membuat beragam produk diantaranya jilbab, seragam sekolah, seragam pengajian dan mukena. “Kalau hari-hari biasa yang banyak pesanan seragam mbak, seperti seragam sekolah dan tiba’an,” terang Dewi. Tidak hanya menjangkau sekolah-sekolah di wilayah sekitar, produk Dewi berlabel ‘Wandera’ ini juga dipesan beberapa sekolah di wilayah Kota Kediri seperti SMP 2, SMP 3 dan SMP 5.

“Alhamdulillah banyak yang mempercayakan seragam atau busana muslimnya pada saya. Ini juga ada yang pesan mukena” terang Dewi sambil menunjukkan mukena buatannya.

IMG 6415

Ketika ditemui Tim Kominfo (20/2), Dewi sedang menggunting kain berdasarkan pola yang telah dibuat sebelumnya. Lembaran kain tersebut akan dijahit untuk dibuat gamis-gamis, pesanan seragam pengajian di lingkungan tempat tinggalnya. Di salah satu sudut tampak seorang karyawan mengobras pakaian. Perempuan bernama Siti Mualimah itu adalah satu dari delapan karyawan Dewi. Warga asli Desa Karangrejo tersebut telah bekerja selama satu tahun membantu usaha konveksi Wandera.

“Kalau sedang banyak pesanan bisa sampai 18 orang yang membantu, biasanya menjelang tahun ajaran baru dan bulan puasa” kata Dewi. Selain jilbab, Dewi menerima banyak pesanan mukena di bulan puasa tersebut. “Dulu saya pernah berjualan keliling tapi sekarang sudah tidak sempat lagi, bisa-bisa orderan terbengkelai kalau saya tinggal,” lanjutnya sambil tertawa.

IMG 6398

Kini, Dewi fokus mengembangkan usahanya. Ia sangat bersyukur banyak orang yang menyukai produk-produk Wandera. Dengan usahanya pula, Dewi telah membuka lapangan pekerjaan bagi warga di sekitarnya. “Alhamdulillah hasil usaha ini dapat untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan membiayai sekolah anak-anak. Semoga bisa terus berkembang dan dikenal masyarakat luas,” harap Dewi seraya tersenyum. (Kominfo)

Konveksi Wandera

Desa Karangrejo Kecamatan Kandat

No HP 0858 5135 0175

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM