Kamis, 27 April 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Puskemas di Kabupaten Kediri Tetap Buka di Hari Libur Nasional

Pemerintah lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017, telah menetapkan tanggal 15 Pebruari 2017 sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota secara serentak. Namun demikian, layanan kesehatan di Pemkab Kediri termasuk Puskesmas tetap beroperasi normal, sehingga tidak mengurangi frekuensi pelayanan kesehatan kepada warga.

IMG-20170215-WA0008

Salah satunya terlihat di Puskesmas Gurah. drg. Ana Yulaida yang bertugas di Puskesmas ini mengatakan terjadi penurunan jumlah pasien di poli gigi pada libur nasional tersebut. Namun demikian, para tenaga medis tetap siap sedia memberi pelayanan. “Jumlah pasien tidak seperti hari biasa tetapi kemarin tetap ada beberapa pasien yang datang untuk mendapatkan tindakan perawatan gigi,” terang drg. Ana Yulaida pada Tim Kominfo (16/2).

IMG-20170215-WA0016

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Krisna Setiawan, SAP, MSi., mengatakan, saat libur nasional pelayanan kesehatan di puskesmas tingkat kecamatan berjalan normal. “Semua Puskesmas di Kabupaten Kediri tetap melayani masyarakat, baik poli maupun UGD di beberapa Puskesmas,” kata Krisna.

Tenaga medis yang bertugas seperti dokter, perawat, bidan serta petugas laboratorium dibagi berdasarkan jadwal yang telah ditentukan. Dengan demikian jika terjadi keadaan darurat akan cepat tertangani.

IMG-20170215-WA0011

Lebih lanjut dikatakan bahwa Dinas Kesehatan juga telah menyediakan ambulans di setiap Puskesmas tingkat kecamatan. Ini digunakan sebagai antisipasi jika ada pasien yang membutuhkan perawatan lebih lanjut. Pelayanan ini merupakan komitmen Pemkab Kediri dalam mewujudkan pelayanan publik yang profesional dan merata kepada setiap masyarakat Kabupaten Kediri.

“Masyarakat tidak usah khawatir, karena pelayanan medis Puskesmas tetap bisa dirasakan oleh masyarakat, dan tenaga medis ada di semua puskesmas sebagai ujung tombak layanan kesehatan di masyarakat,” terang Krisna Setiawan. (Kominfo)