Kamis, 20 Juli 2017

Sumber Bancak Perlu Sentuhan, Supaya Bisa Menjadi Multifungsi.

Sumber Bancak terletak di Dusun Tulungrejo Desa Karangrejo Kecamatan Kandat, merupakan potensi desa, akan tetapi belum bisa dimanfaatkan secara maksimal, bisa dibilang tidak terpelihara dengan baik, padahal sumber ini merupakan aset desa, sentuhan - sentuhan dari tangan trampil, para ahli apalagi didukung dengan dana, pasti bisa menyulap Sumber Bancak menjadi lebih bernanfaat lagi.

SUMBER BANCAK 3

Diceritakan ulang oleh Kepala Desa Karangrejo Heri Sujoko, saat diwawancarai Tim Kominfo, Minggu (12/2), konon menurut keterangan sesepuh desa, sumber ini ada sejak jaman penjajah Belanda. Saat ini menurut cerita masyarakat setempat, sebetulnya sumber ini besar sekali dan merupakan sumber alami.

Begitu besarnya sampai membludak kemana-mana, oleh pihak penjajah Belanda sumber ini disumpeti atau dibuntu dengan sapu duk dan ditumpuki dengan material batu yang cukup banyak. Supaya sumber air tidak terlalu besar keluarnya.

SUMBER BANCAK 1

Sebetulnya desa sudah berusaha dari tahun ke tahun, dimulai dengan menanami pohon di sekitar sumber, harapannya pohon ini bisa menyerap air dan paling tidak mempertahankan debet air biar tidak kering walaupun di musim kemarau.

Lebih lanjut Heri mengatakan, selama ini fungsi Sumber Bancak hanya untuk pengairan pertanian saja atau irigasi. Melihat situasi dan lokasi yang nyaman dan jauh dari kebisingan, desa berencana untuk menjadikan daerah ini sebagai wahana wisata baru seperti pemancingan, kolam renang, tetapi tidak mengurangi fungsi utama yaitu untuk pengairan atau irigasi.

SUMBER BANCAK 2

Sumber Bancak dengan luas sekitar 1 Ha untuk luas kolammnya sekitar 70 x 20 m2. "Kalaulah bersedia kami mohon kepada Pemerintah Kabupaten Kediri atau para donator untuk membatu kami mengelola sumber air peninggalan jaman Belanda supaya bisa multifungsi dan nantinya bisa menambah penghasilan serta kesejahteraan bagi warga sekitar," terang Heri penuh harap. (Kominfo).

Add comment


Security code
Refresh