Rabu, 20 September 2017

Edi Sukamto, Mantan TKI Pengusaha Ternak Bebek Beromset 300 Juta

Desa Dawung yang berada di wilayah Kecamatan Ringinrejo dikenal memiliki potensi UKM yang besar di Kabupaten Kediri. Salah satu UKM yang berada di Desa Dawung adalah usaha ternak bebek.

usahabebek 1

Salah satu peternak bebek yang ada di Desa Dawung adalah Edi Sukamto. Edi Sukamto kini tergabung dalam Kelompok Ternak Karya Lestari Desa Dawung. Kelompok Ternak ini tergolong cukup besar, karena memiliki 42 anggota.

Awalnya Edi Sukamto merupakan seorang TKI yang bekerja di luar negeri. Setelah menabung dan mendapat modal usaha, Edi memulai usaha bebeknya. Edi Sukamto memulai usaha ternak bebek ini pada tahun 1997 dengan jumlah 200 ekor bebek.

Pada tahun 2000 Edi mengalami beberapa kendala yang membuat usaha bebeknya hampir bangkrut. Harga pakan ternak yang tinggi dan harga jual telor bebek yang murah, menjadi kendala bagi usaha ternak Edi. Kemudian Edi belajar pembuatan pakan ternak bebek.

usahabebek 2

Saat ini Edi Sukamto mampu bangkit dan memiliki sedikitnya 2000 ekor bebek. Ditambah lagi Edi kini menjadi Ketua Divisi pakan ternak bebek di Kelompok Ternak Karya Lestari Desa Dawung, dikarenakan keahliannya dalam membuat pakan.

“Saat ini telor bebek usaha saya ini saya pasarkan hingga Jakarta dan Jawa Barat. Sedangkan untuk daging bebeknya, saya pasarkan di kawasan Jawa Timur saja. Saya juga dibantu oleh 4 orang karyawan untuk menunjang layanan pakan ternak bebek, dan omzet dalam 1 bulannya mencapai 300 juta rupiah,” kata pria 40 tahun ini kepada Tim Kominfo, Senin (6/2).

usahabebek 3

Jika Anda ingin memesan daging, pakan atau telor bebek, Anda bisa datang ke kediaman Edi Sukamto di Desa dawung Kecamatan Ringinrejo. Atau Anda bisa menghubungi Edi di nomor 081232133089. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh