Sabtu, 27 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Posko Kesehatan Untuk Pemulihan Kondisi Warga Pasca Banjir

Pemulihan pasca bencana banjir bandang di Dusun Klepu Desa Parang Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri terus dilaksanakan, tidak saja masalah fisik (bangunan rumah, jalan, jembatan), namun juga dalam hal kesehatan.

poskokesehatanparang 1

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menugaskan tim dari Puskesmas Pembantu Tiron Kecamatan Banyakan untuk membuka Posko Kesehatan di Dusun Klepu Desa Parang.

"Tujuan dari pos kesehatan dimaksudkan untuk menanggulangi dan mencegah dampak bencana banjir bandang, juga mengantisipasi penyakit yang biasa terjadi seperti penyakit gatal-gatal atau alergi, jadi bisa langsung ditangani dengan cepat," kata Adi Laksono, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Puskesmas Pembantu Tiron dr. Hj. Sri Muntamah. "Kami buka pos kesehatan mulai pukul 06.00 s.d. 13.00. Rencana pos kesehatan kita buka selama 1 minggu, selama 3 hari ini (mulai buka Jum'at) kita buka di Dusun Klepu tepatnya di rumah orang tua Pak Gimin (korban terdampak bencana)," terang Sri Muntamah.

poskokesehatanparang 2

Lebih lanjut dikatakan oleh Sri Muntamah, setiap hari warga yang datang memeriksakan kesehatannya sekitar 30 - 50 orang dengan keluhan kebanyakan myialgia, hypertensi serta pusing - pusing.

Kepala Desa Parang Dariyono membenarkan adanya pos kesehatan. Awalnya di Dusun Klepu, berhubung warga yang terdampak bencana banjir tidak hanya Dusun Klepu saja, pos kesehatan dialihkan di Balai Desa Parang. "Kalau di Klepu kasihan warga yang dari Dusun Purut, terlalu jauh. Kalau di Balai Desa Parang pas tengah-tengah," ujar Dariyono.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih, baik kepada Pemerintah Kabupaten Kediri maupun semua pihak yang sudah membantu pemulihan pasca bencana banjir Desa Parang," kata Dariyono.

poskokesehatanparang 3

Bersama warga, Dariyono terus melakukan rehabilitasi paska bencana banjir, termasuk memperbaiki sarana dan prasarana Dusun Klepu. Ia juga menghimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan bila hujan deras turun dan menjauh bila potensi bencana dikhawatirkan terjadi. "Semoga bencana tidak terjadi lagi, baik di Desa Parang maupun di tempat lain." harap Dariyono. (Kominfo)