Selasa, 25 Juli 2017

Gerak Cepat Basmi Hama Wereng Coklat di Desa Kalipang

Musim tanam telah tiba, kegiatan para petani untuk menanam lahan sawah dengan berbagai tanaman sudah dilaksanakan. Begitu tanaman padi mulai tumbuh dan menghijau, para petani dibingungkan dengan adanya serangan hama. (24/1)

Momok bagi para petani, apabila tanaman padi mereka diserang dengan hama “wereng coklat”. Begitu juga yang terjadi pada Kelompok Tani (Poktan) Sumber Rejeki Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri.

KALIPANG 2

Untuk mengurangi keresahan para petani Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan bergerak cepat dengan memberikan bantuan penyemprotan menggunakan insektisida. Penyemprotan tersebut diharapkan mampu membunuh hama tanaman dan sekaligus meningkatkan produksi pertanian di Desa Kalipang.

Pada kesempatan tersebut Prasetyo Utomo, SP PPL Kecamatan Grogol mengatakan, Wereng coklat merupakan salah satu hama utama tanaman padi. Hama ini telah populer di kalangan petani sejak tahun 1970-an. Wereng coklat merupakan hama global. Kerusakan akibat serangan hama ini cukup luas dan hampir terjadi pada setiap musim tanam. Secara langsung wereng coklat akan menghisap cairan sel tanaman padi sehingga tanaman menjadi kering dan akhirnya mati.

KALIPANG 1

Begitu juga yang terjadi di Desa Kalipang, Gerakan Pengendalian Wereng milik Poktan Sumber Rejeki, dengan luas hamparan padi sekitar 22 ha. Walaupun tingkat serangan wereng cukup rendah, terdapat kurang dari 5 ekor per rumpun, dengan daerah terancam serangan hama sekitar 15 Ha. Artinya jika serangan ini tidak diantisipasi, maka daerah yang terancam tertular serangan wereng, bisa meluas bukan hanya milik Poktan Sumber Rejeki saja tapi bisa merambah ke Poktan yang lain. Jelas Prasetyo.

Lebih lanjut dikatakan untuk mengatasi hal tersebut kami mengambil langkah antisipasi antara lain untuk mengeringkan pertanaman padi sebelum aplikasi insektisida baik yang disemprot atau butiran. Aplikasi insektisida dilakukan saat air embun tidak ada, yaitu antara pukul 08.00 pagi sampai pukul 11.00, dilanjutkan sore hari. Insektisida harus sampai pada batang padi. Insektisida yang kami gunakan Insektisida SanMing, bantuan dari Dinas Pertanian Kabupten Kediri, dengan pembagian 0,5 liter per Ha. Terangnya

KALIPANG3

Kusnadi ketua Poktan Sumber Rejeki membenarkan dengan adanya serangan hama wereng pada tanaman padi milik Poktannya. Kami lantas melaporkan kepada PPL Kecamatan Grogol Prasetiyo Utomo, untuk segera bisa ditangani supaya tidak meyebar luas. Walaupun tingkat serangan cukup rendah ada 2 ha lahan terserang hama, tapi bila tidak segera ditangani sejak dini, maka akan terjadi kegagalan panen. Kami juga mulai menanam tanaman Refugia di sekitar lahan sawah supaya dapat mengurangi serangan hama wereng.

Kami sangat berterima kasih dengan Pemda Kabupaten Kediri, melalui Dinas Pertanian dan perkebunan Kabupaten Kediri yang sudah membantu menanggulangi dampak Hama Wereng, semoga cukup sampai disini saja, supaya kami bisa menikmati hasil panen padi. Harap Kusnadi. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh