Sabtu, 27 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

73 rumah warga mendapat bantuan BSPS

Pemerintah Kabupaten Kediri terus melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Salah satu upaya tersebut melalui program. Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) adalah dengan memberikan bantuan kepada masyarakat untuk melakukan pembenahan rumah atau dengan kata lain bedah rumah.

JOHO1 1

Seperti yang ada di Desa Joho Kecamatan Semen, terdapat 73 rumah warganya yang memperoleh bantuan untuk memperbaiki rumah atau tempat tinggal. Salah satunya adalah Kaswan, yang berprofesi sebagai petani.

Kaswan (37 tahun) mendapat bantuan dana untuk memperbaiki rumahnya pada bulan Oktober 2016. Saat ini pengerjaan rumahnya sudah dalam tahap akhir. “Alhamdulillah, saya berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kediri juga kepada Pemerintah Desa Joho atas bantuannya. Sehingga saya bisa memperbaiki rumah saya.”

JOHO1 2

Deddy Saputra Kepala Desa Joho mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan peningkatan kualitas bagi warga yang tidak mampu. “Antusias masyarakat Desa Joho sangat tinggi. Bantuan dana tersebut ditambah dengan biaya swadaya masyarakat, sehingga bisa dikatakan pembangunan baru.”

Di Desa Joho terdapat 260 RTM (Rumah Tangga Miskin). Dalam menentukan warganya yang mendapatkan bantuan, Deddy melakukan musyawarah desa terlebih dahulu untuk menentukan skala prioritas warga.

JOHO1 5

“Dalam pembangunannya, dilakukan secara gotong-royong oleh masyarakat. Dengan dibentuk per kelompok 7 orang. Setelah selesai rumah pertama, akan dilanjutkan kerumah kedua. Begitu seterusnya.” Kata Deddy kepada tim Kominfo (19/1).

Desa Joho terdiri dari 3 Dusun, yakni Dusun Joho, Dusun Nongkopait dan Dusun Genengan. Dengan jumlah penduduk 2700 jiwa dan mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai petani.

JOHO

Dalam kesempatan yang lain Camat Semen Elok Etika.S.Sos mengatakan dengan bantuan bedah rumah dari Pemda Kabupaten Kediri melalui program BSPS, saya berharap supaya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, paling tidak bisa membantu warga yang memang betul-betul membutuhkan, saya sendiri langsung terjun melihat proses pembangunan rumah warga, saya sangat kagum dengan sifat gotong royong, kerukunan, kekompakan dan semangat warga Desa Joho.

Lebih lanjut dikatakan " tahun ini (2017) kami harus berjuang keras untuk menuntaskan Desa Joho mendapat BSPS dan yang kami usulkan sekitar 200 rumah bisa mendapat bantuan. Saya juga berharap untuk Kecamatan Semen bebas ODF dan untuk percontohan bebas ODF ada 4 Desa di Wilayah Kecamatan Semen salah satunya Desa Joho, disamping sebagai Desa Wisata juga mendapat anugerah Hutan Sehat untuk Kabupaten Sehat tahun 2016.

Mulai bulan ini saya mengadakan lomba kebersihan tingkat RT dan Alhamdulilah bak gayung bersambut, kegiatan ini langsung direspon oleh Kepala Desa, semoga berhasil. kata Elok sembil tersenyum.(Kominfo)