Kamis, 20 Juli 2017

BPBD Gelar Simulasi Gladi Lapang Tanah Longsor

BENCANA XPANG1 1

Menindak lanjuti Rapat Koordinasi Simulasi Bencana Alam Tanah Longsor pada hari Kamis 15 Desember 2016 lalu, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Kediri menggelar Simulasi atau Skenario Gladi Lapang Tanah Longsor.

BENCANA XPANG1 2

Pemilihan lokasi Skenario Gladi Lapang Tanah Longsor ini bertempat di 2 dusun yang ada di Desa Kalipang Kecamatan Grogol, yakni Dusun Kalibago dan Dusun Kalinanas. Dalam Skenario Gladi Lapang tersebut dibagi menjadi 4 sesi utama.

Yang pertama adalah Kondisi dimana terdapat rekahan tanah diatas bukit di Dusun Kalibago dan Kalinanas dengan cuaca Hujan Lebat dengan durasi lebih dari 3 jam. Sesi yang kedua adalah Proses Evakuasi Warga di 2 Dusun tersebut.

BENCANA XPANG1 3

Kemudian untuk Sesi yang ketiga adalah terjadinya longsoran besar di Dusun Kalibago dan Dusun Kalinanas. Sesi yang terakhir adalah Proses sampai tempat pengungsian. Lokasi tempat pengungsian berada di dekat Gereja yang ada di Dusun Kalibago.

Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri Hari Wahyu Jatmiko, SE., MM menjelaskan bahwa Simulasi atau Skenario Gladi Lapang Tanah Longsor ini merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi.BENCANA XPANG1 4

“Disini kita semua belajar. Belajar dalam mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi. Sehingga kita akan lebih siap dan kompak saat bencana tanah longsor itu terjadi. Dengan tujuan untuk meminimalisir adanya korban jiwa dan sigap dalam penanganan.” Kata Hari.

BENCANA XPANG1 5

Dalam Simulasi atau Skenario Gladi Lapang Tanah Longsor ini beberapa Tim gabungan hadir  dan membentuk satu kesatuan. Diantaranya TSBD (Tim Siaga Bencana Daerah), Kecamatan Grogol, TNI, Polri, RAPI, PMI, Laras Wilis, URC, Puskesmas, Tagana dan beberapa Tim Lain. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh