Selasa, 25 Juli 2017

Peran KUD "Kerta Jaya" Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Medowo

Desa Medowo merupakan penghasil Susu Sapi Perah terbesar di Kabupaten Kediri. Desa yang terletak sekitar 8 km utara dari Ibu Kota Kecamatan Kandangan. Desa Medowo terdiri dari empat dusun yaitu Dusun Medowo, Ringinagung, Sidorejo dan Mulyorejo.

KUD MEDOWO1 4

Menurut penuturan Sugiyanto Ketua KUD Kertajaya Desa Medowo Kecamatan Kandangan, saat ini desa memiliki 500 peternak Sapi Perah. Dari Sapi Perah yang berjumlah 1900 ekor bisa dihasilkan susu sebanyak 11.000 liter perhari. Hasil perahan sapi ini semua ditampung di KUD.

KUD MEDOWO1 2

KUD Kertajaya merupakan salah satu KUD yang bergerak di bidang produksi susu Sapi Lerah. KUD Kerta Jaya berdiri sejak tahun 1980. KUD ini berfungsi sebagai pengepul susu di Desa Medowo.

Harga susu per liter tergantung dengan kualiatas susu 4700 untuk susu berkualitas biasa dan 5400 untuk susu berkualitas tinggi.
KUD MEDOWO1 3

Untuk mengetahui kualitas susu yang di hasilkan itu layak tidaknya untuk dipasarkan, KUD Kerta Jaya melakukan beberapa Uji Laboratorium.
Dalam Uji Laboratorium ini susu pertama dapat dilihat dari tingkat keasaman dengan alat Laktodensimeter, dan setelah itu proses tes alkohol.

Untuk tes alkohol waktu pagi hari berbeda dengan sore hari, untuk pagi hari berat jenisnya 1.024 suhu minimal 30 derajat celcius.Sedangkan sore hari berat jenisnya 1.023 dan suhu minimal nya 30 derajat celcius.KUD MEDOWO1 5


Setelah proses pengujian laboratorium selesai susu langsung dimasukan dalam proses penyaringan dan dibawa ke cooling unit untuk proses pendinginan yang bertujuan untuk menghilangkan bakteri pada susu. KUD Kerta Jaya dalam memasarkan susu yang dihasilkan, bekerja sama dengan perusahaan Nestle di Pasuruan.

Peran KUD Kertajaya tidak hanya menampung dan mengolah susu hasil dari peternak. KUD juga memberikan pelayanan pengobatan, penyuluhan dan monitoring perkembangan ternak.

Untuk mempermudah koordinasi para peternak sapi dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap satu bulan diadakan pertemuan, Ketua Kelompok dengan pengurus KUD, bersama-sama membahas masalah-masalah yang timbul pada para anggota kelompok masing-masing. Terang Sugiyanto.

KUD MEDOWO1 1

Selain itu KUD juga menyediakan Jasa Simpan Pinjam, pembayaran listrik dan lain usaha yang dibutuhkan para peternak. Jadi segala keperluan peternak bisa dilayani oleh KUD. Tambah Sugiyanto.

Tugas Kelompok 3 Jurnalistik Angkatan 4 Tahun 2016

1.Dewi Mariya Fatayat NU Desa Jambean Kec.Kras

2.Nur Wedia Devi Rahmawati Fatayat NU Desa Selosari Kec.Kandat

3.Desy Eka Hariani Fatayat NU Desa Bakalan Kec.Grogol