Kamis, 27 April 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

E-Warong Kini Hadir di Kabupaten Kediri

E-Warong (Elektronik Warung Gotong Royong) Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (KUBE PKH) secara resmi telah hadir di Kabupaten Kediri. Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawangsa, secara resmi meluncurkan E-Warong di Jl. Tentara Zeni Pelajar, Kecamatan Pare, Jumat (23/9).

ewarong1

Khofifah menjelaskan, e-warong merupakan program pemerintah dalam rangka pengentasan kemiskinan. Wujudnya adalah memberikan bantuan sosial non tunai melalui rekening perbankan yang terintegrasi dengan Kartu Indonesia Sejahtera (KIS).

“Nanti PKH yang sudah punya KIS akan mendapat saldo Rp.105.000,- perbulan. Nah dengan kartu ini dapat untuk berbelanja di e-warong yang ditunjuk pemerintah. Atau bisa juga diambil tunai uangnya di seluruh Bank BRI.” Jelas Mensos.

ewarong2

“Sementara ini e-warong menjual beras, tepung terigu, gula pasir dan minyak goreng. Kedepan ditambah bawang dan gas 3 Kg. Sehingga bansos bisa dibelanjakan sesuai dengan kebutuhan. Harga yang disediakan di e-warong kami jamin lebih rendah dari harga pasaran.” Lanjut Khofifah.

Khofifah melanjutkan kenapa sekarang bansos disalurkan dalam bentuk non tunai. Hal ini sesuai Instruksi Presiden untuk penyaluran bantuan sosial disalurkan melalui perbankan. Dengan tujuan agar mudah dikontrol, menghindari penyimpangan dan bisa memperluas inklusi keuangan.

“Dulu siapa yang menerima beras miskin (raskin) berwarna coklat, ada kutunya dan berbau? Siapa yang demi kebutuhan pokok harus terpaksa ngutang ke rentenir? Kini dengan e-warong, Jenengan semua bisa belanja disini mendapat beras yang bagus, sama dengan di toko.” Imbuh Khofifah.

ewarong3

“Kelebihan lainnya Jenengan semua bila ada keperluan kebutuhan pokok tidak perlu hutang ke rentenir karena bisa menghutang kebutuhan disini. Harapannya dapat memutus mata rantai rentenir.” terang Khofifah.

Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno, mengapresiasi positif hadirnya e-warong di Kabupaten Kediri. Diharapkan melalui program ini, PKH dapat terbantu kebutuhan pokoknya dan kedepan keluar dari kemiskinan.

“Program yang bagus sehingga semoga PKH dapat membeli bahan pokok dengan harga lebih murah dari harga pasaran. Disimpan dengan baik dan manfaatkan sesuai kebutuhan. Mari kita sukseskan program e-warong agar PKH dapat keluar dari kemiskinan.” Jelas dr. Hj. Haryanti Sutrisno.

ewarong4

Program e-warong untuk sementara berada di dua lokasi di Kabupaten Kediri, yakni di Kecamatan Pare dan Desa Kedungsari, Kecamatan Tarokan. Ke depan akan sebanyak enam lokasi akan menyusul.

Hal ini mengingat jumlah PKH di Kabupaten Kediri mencapai 22.130 Keluarga. Kabupaten Kediri ini sendiri merupakan kabupaten kota ke empat yang telah diresmikan Program e-warong oleh Kemensos. (Kominfo)