Sabtu, 22 Juli 2017

Penjual Cilik 'Cekeremes' Riki Namanya

Sangat inspiratif, pandangan bagi sebagian besar masyarakat usia anak-anak biasanya dihabiskan untuk bermain bersama teman, sekolah dan belajar.

riki cekeremes 3Namun tidak buat Riki Erlangga, diusianya yang masih 9 tahun dia ikut berjuang mencari nafkah membantu orang tuanya. Berjualan jajanan yang berasal dari Irisan Ubi Jalar yang dicampur Gula Kelapa yaitu Cekeremes atau banyak orang menyebut Walangan.

riki cekeremes 1

Walaupun Riki ikut membantu berjualan ibunya tetapi dia tetap mementingkan sekolah. Saat ini Riki duduk di kelas 3 SDN Krenceng 2 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Lokasi berjualannya berada di Pom Bensin Kwagean Desa Krenceng, biasanya ditemani Riko sang adik.

Selepas pulang sekolah Cekeremes yang sudah disiapkan oleh sang ibu dijual seharga Rp. 2.000,-/buah. Riki menawarkan Cekeremesnya kepada orang-orang yang sedang mengisi bahan bakar motor di Pom Bensin tersebut.

Anak sulung dari 4 bersaudara ini terbilang anak yang cukup ganteng dan pemberani menghadapi pembeli yang kadang menawar dagangannya. Pernah ada yang menawar Cekeremesnya dengan harga Rp.1.000,- namun Riki menjawab, minyaknya mahal mas dan ubinya juga mahal, rugi kalau harganya cuma seribu, cerita Italia sang Ibu

Saat ditemui disekolah pada hari Kamis (8/9), Anak pasangan Matpurni dan Italia ini mengatakan "Saya ingin mencari uang untuk tambahan penghasilan ibu. Sejak berjualan Cekeremes, saya tidak pernah lagi minta uang kepada ibu, Saya bisa beli jajan sendiri tanpa menyusahkannya". Tutur Riki dengan bangga

Setelah selesai berjualan kira-kira sampai pukul 7 malam saya baru bisa belajar. Mempersiapkan pelajaran untuk besuk hari dan kadang mengerjakan tugas sekolah dibantu ayah saya. Tambah Riki.

riki cekeremes 2

Italia mengatakan Cekeremes merupakan makanan ringan terbuat dari Ubi Jalar yang diiris iris kecil dan ditambahkan gula merah. Saya membuatnya sangat higienis dan tanpa bahan pengawet. Rasanya sangat manis dan enak cocok jika buat teman saat berada dalam perjalanan.

Sehari kami bisa menghabiskan bahan baku Ubi Jalar sekitar 10-15 Kg dan Gula Kelapa 2 Kg yang menghasilkan Cekeremes sebanyak 100 biji. Jika liburan saya bisa membuat 300 biji dan semuanya habis. Terang Italia. (Kominfo).

Add comment


Security code
Refresh