Sabtu, 22 Juli 2017

Empat Desa Kecamatan Mojo Ngangsu Kaweruh Pembuatan Minyak Atsiri di Kecamatan Ngancar

Minyak Atsiri, atau dikenal juga sebagai minyak eterik (aetheric oil), minyak esensial (essential oil), minyak terbang (volatile oil), serta minyak aromatik (aromatic oil), adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas.

ngancar1

Minyak Atsiri merupakan bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami. Minyak atsiri dapat diperoleh dari beberapa bahan baku diantaranya Cengkeh, Nilam, kenanga, mawar serai, kenanga dll. Dalam perdagangan, hasil sulingan (destilasi) minyak atsiri dikenal sebagai bibit minyak wangi.

Kabupaten Kediri adalah salah satu daerah yang mempunyai topografi pegunungan yang potensial dan banyak ditanamai tanaman Cengkeh. Selain bunga sebagai hasil utama, daun dan ranting tanaman cengkeh juga dapat dijadikan sebagai tambahan penghasilan dengan memanfaatkan sebagai bahan baku yang diambil minyak atsirinya.

Kegiatan studi banding pembuatan Minyak Atsiri di Kecamatan Ngancar dilakukan oleh puluhan petani kelompok yang berasal dari 4 desa di Kecamatan Mojo diantaranya Desa Keniten, Petungroto, Blimbing dan Ngetrep pada hari Selasa (6/9).

Mereka akan "ngangsuh kaweruh" pembuatan Minyak Atsiri dari cengkeh langsung dari para pelaku usaha di Kecamatan Ngancar yang sudah profesional dalam pembuatan Minyak Atsiri. Ujar Camat Mojo Drs.Teguh Kuncahyo, MM.

ngancar2

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno berharap masyarakat atau petani dapat mempunyai sifat yang tanggap dan inovatif serta kreatif. Sehingga dengan demikian akan mampu menangkap peluang disekitar mereka yang dapat dijadikan sebuah usaha dalam menambah penghasilan dan pendapatan.

Teguh Kuncahyo berharap para masyarakat Mojo yang mengikuti Studi Banding betul-betul memperhatikan ilmu atau pengetahuan yang akan disampaikan nara sumber. Sehingga seluruh materi yang diajarkan para nara sumber tentang bagaimana cara menyuling minyak atsiri secara baik dan benar dapat dipahami dan diterapkan.

Bapak Ngaseri Camat Ngancar, menambahkan bahwa wilayah kita khususnya Kabupaten Kediri mempunyai banyak potensi yang dapat dikembangkan dan dijadikan sebagai mata pencaharian baru bagi petani maupun masyarakat yang ada di Kecamatan Mojo dan Ngancar

Dalam acara ini, para peserta Study Banding Pembuatan Minyak Atsiri didampingi Camat, Petugas BPP dan Petugas Teknis. Begitupula dalam penyambutan Camat, petugas BPP dan petugas teknis turut serta dalam kegiatan tersebut.

ngancar3

Para petani dari empat desa yang ada di Kecamatan Mojo dapat memperoleh pengetahuan dan ketrampilan tentang pembuatan minyak Atsiri yang ada di Kecamatan Ngancar. Diantaranya cara mempersiapkan alat dan bahan serta cara penyulingan daun cengkeh untuk diambil minyak atsirinya.

Pelajaran tersebut dipandu langsung oleh Bapak Eko Hartanto, SP. yang merupakan salah satu pengusaha sukses Minyak Atsiri dari Kecamatan Ngancar.

Semoga dengan kegiatan ini para petani atau masyarakat dari empat desa di Kecamatan Mojo dapat menerapkan apa dan bagaimana pengetahuan tentang Penyulingan Minyak Atsiri. Khususnya Minyak Atsiri dari penyulingan daun Cengkeh. (Wahyu Cahya Yudha/ THL TBPP Kec. Ngancar - Kominfo)