Sabtu, 23 September 2017

Pelatihan Pembuatan Makanan Olahan Berbahan Buah-buahan

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Koperasi dan Perdagangan memberikan Pelatihan Pembuatan Makanan Olahan Berbahan Buah-buahan. Pelatihan ini berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 9 sampai dengan 13 Mei 2016 di Balai Desa Tulungrejo Kecamatan Pare yang diikuti oleh 25 pelaku UMKM di Kabupaten Kediri.

pelatihan umkm 4Soelistiyanto Kepala Bidang Industri Dinas Koperindag di sela-sela pelatihan kepada Tim Kominfo Kamis (12/5) mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemapuan dan ketrampilan para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Kediri dalam menciptakan variasi makanan yang berbahan buah-buahan. Hal ini melihat jenis buah-buahan yang melimpah di Kabupaten Kediri. Selain dijual dalam bentuk buah asli yang masih segar dapat pula dijual dalam bentuk olahan makanan yang rasa dan aromanya masih kental dengan buah tersebut. Terang Soelistiyanto.

Antusias dari para pelaku UMKM untuk mengikuti pelatiha ini sangat tinggi, terlihat mulai hari pertama mereka tetap semangat menerima materi dan praktek dari narasumber. Dari pelatihan ini mereka menjadi tahu bagaimana mengolah buah-buah menjadi makanan olah seperti kerupuk yang terbuat dari buah naga, dodol sawo, dodol jambu biji merah dan sari sirsak. Ujar Soelistiyanto

pelatihan UMKM 1Seperti yang dirasakakan oleh bu Robiatun berasal dari Desa Pesing Kecamatan Purwoasri. Robiatun memiliki setengah hektar lahan yang ditanami Buah Naga yang hanya dijual dalam bentuk buah segar saja.

Wanita 44 tahun itu sangat tertarik mengikuti pelatihan ini. dalam sela-sela praktek kegiatan pelatihan robiatun mengatakan kegiatan ini sangat positif dapat menambah wawasan saya dalam mengolah buah naga. Ternyata buah yang sangat segar itu dapat dijadikan kerupuk yang sangat gurih. Kedepannya saya akan mengembangakan pertanian buah naga untuk bahan membuat produk olahan dan hasilnya dijual bias menambah penghasilan kami. Ujar Robiatun

Dalam pelatihan tersebut terdapat salah satu peserta dari Dusun Depok Desa Pelas Kecamatan Kras yang membuat peserta dan pelatih tercengang adalah Winarni (37 tahun) sebagai penyandang difabel. Wanita ini memiliki keterampailan yang sangat luar biasa yaitu menciptakan alas Kaki (keset) yang berbahan kain perca dengan harga Rp.9000,- per buah , Tas dari limbah botol air mineral dengan harga Rp.50.000 s/d Rp. 150.000,-. sesuai ukuran besar kecil tas tersebut.

pelatihan UMKM 3Kebetulan hasil karya Winarni tersebut juga dibawa pada saat pelatihan tersebut. Oleh rekan-rekan pelatihan barang-barang tersebut ludes habis di borong habis. oleh teman-teman UMKM. Alhamdulillah barang-barang hasil karya saya habis terjual semua. Jika anda dan teman-teman tertarik barang-barang tersebut bisa menghubungi saya melalui nomor Hp 085749171781. Ujar Winarni

Soelistiyanto, SE. MM Kepala Bidang Industri Dinas Koperindag (12/5) mengatakan dalam pelatihan ini kami akan memberikan banyak sekali wawasan bagi para pelaku UMKM untuk menciptakan variasi makanan berbahan buah-buahan. Selain itu kami juga akan terus mengawal para pelaku UMKM mulai dari bagaimana mengemas produknya dengan baik agar konsumen menjadi tertarik. Setelah kemasana yang bagus bagaimana cara memasarkannya agar cepat laku dipasaran. Jelas Soelistiyanto (Kominfo).

Add comment


Security code
Refresh