Wednesday, 21 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Alas Simpenan, Sajikan Kealamian dan Ketenangan Bagi Wisatawan

Banyak tujuan wisata yang bisa anda nikmati dalam mengisi liburan tahun baru di Kabupaten Kediri. Kesemuanya menawarkan sensasi tersendiri karena seperti diketahui Bumi Panji Kediri kaya potensi wisata baik alam, budaya, religi, atau sejarah hingga kuliner.

alas1

Yang menarik, banyak diantaranya termasuk wisata gratis. Alias tidak dipungut biaya masuk maupun parkir. Salah satunya adalah Wisata Cagar Alam Manggis Gadungan atau orang sering menyebut Alas Simpenan.

Cagar Alam Manggis Gadungan adalah hutan lindung yang di bawah naungan Direktorat Jenderal Perlindungan dan Konservasi Alam, Kementerian Kehutanan RI, yang ditetapkan dengan SK.6B. No.83/Stbl.No382/1919, dengan luas 12 hektare.

Obyek wisata ini terletak di Desa Manggis, Kecamatan Puncu. Atau bila anda dari Simpang Lima Gumul dapat menuju timur laut ke melewati Kecamatan Pare lalu baru tibalah Kecamatan Puncu. Jarak nya Sekitar 25 km atau 30 menit perjalanan bila ditempuh dengan kendaraan berkecepatan sedang.

alas2

Lokasi ini sangat cocok untuk menghabiskan liburan anda bersama keluaraga. Di hutan seluas 12 hektar anda dapat berinteraksi dengan ratusan kera yang hidup dengan liar. Namun jangan khawatir, kendati hidup di alam liar kera-kera ini sangat jinak dan familiar dengan manusia.

Di sini Anda dapat memberi makan buah-buahan bahkan berfoto di dekat kera-kera liar ini dengan aman. Tidak perlu membawa dari rumah, karena disini ada banyak penjual makanan yang diperuntukkan menjajakan bagi pengunjung untuk memberi makanan bagi para kera.

Berdasarkan pengamatan Tim Kominfo, Minggu (3/1) destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi ratusan orang setiap akhir pekan dan hari libur. Tidak hanya dari Kediri saja namun juga pengunjung luar kota mendatangi Alas Simpenan ini.

alas3

Yogi, salah satu pengunjung dari Kota Surakarta misalnya, mengatakan dirinya kebetulan liburan di Pare dan diajak ke cagar alam ini. Setiap ke Pare dirinya menyempatkan diri bersama keluarga wisata gratis ke lokasi ini.

"Suasananya asri dan sejuk. Apalagi anak saya senang bisa memberi makan monyet dan gratis lagi." Jelas Yogi yang datang ditemani anak dan istrinya.

Well, liburan memang tidak harus menguras biaya. Terpenting adalah tetap menjaga kebersihan di lokasi wisata dan ikut menjaga kelestarian alam untuk anak cucu kita. Selamat berlibur dan berakhir pekan. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh

banner