Wednesday, 21 August 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Kades Lawas Sukseskan Siskeudes

Tim yang terdiri dari Inspektorat Provinsi Jawa Timur, Inspektorat Kabupaten Kediri dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Kediri menyelenggarakan Kades Lawas (Kawal Desa Melalui Pengawasan). Acara ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengatasi kendala dan memberikan solusi terkait pengelolaan administrasi keuangan Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) serta Rencana Anggaran Biaya (RAB) kegiatan-kegiatan desa. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Balai Pertemuan Kecamatan Wates, Rabu (6/3).

wates 1

Sebagai informasi, acara ini merupakan kegiatan konsultasi langsung kepala desa maupun perangkat desa dengan tim, apabila mempunyai kendala atau masalah terkait administrasi keuangan desa dengan menggunakan sistem aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Siskeudes merupakan aplikasi gratis yang dapat menjadi solusi. Siskeudes didistribusikan secara cuma-cuma (gratis) melalui pemerintah kabupaten/kota kepada desa di seluruh Indonesia. Saat ini, 69.875 dari total 74.957 desa telah mengimplementasikan Siskeudes.

Salah satu anggota auditor Inspektorat Provinsi Jatim, Ponijan, SE, menyampaikan, banyak hal yang dikonsultasikan terkait dengan pengelolaan keuangan dana desa, terutama terkait dengan Siskeudes. “Masih banyak bendahara desa yang bingung dengan sistem ini, yang kedua terkait dengan RAB perubahan anggaran terkait dengan Siskeudes. Selain itu juga terkait dengan Rencana Anggaran Belanja Desa (RABDES), disarankan untuk mengubah rencana kegiatan tetap tidak mengubah nominal anggaran agar bisa dikelola dengan baik,” ujarnya.

Proses konsultasi ini diadakan langsung dengan tim auditor. Peserta bisa sharing dan tanya jawab langsung dengan jajaran tim jika terjadi kendala ataupun hal-hal yang belum dimengerti.

wates 3

Camat Wates Arif Gunawan menyampaikan, dengan diadakannya acara ini menjadi harapan bersama, bahwa segala sesuatu terkait dengan administrasi alokasi dana desa dengan menggunakan Siskeudes bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Nantinya seluruh kegiatan yang diselenggarakan dengan desa bisa lebih tertib, tidak sampai terkena masalah dan aman. Dengan turunnya tim ini bisa membantu meminimalisir terjadinya kesalahan sehingga semua berjalan dengan baik,” tandas Camat Wates. (Kominfo/dn,daw,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh