Tuesday, 16 July 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Geliat Sumberagung Wates Dalam Mengembangkan Wisata

Desa Sumberagung, Kecamatan Wates ternyata memiliki potensi wisata yang tersembunyi dan masih belum terekspos publik. Potensi wisata tersebut berupa sumber air dengan debit air yang cukup besar yang selama ini berfungsi sebagai irigasi pertanian warga.

sumber 2

Adalah Sumber Sariguno namanya. Lokasinya sangat strategis karena berada di belakang Balai Desa Sumberagung, Kecamatan Wates. Desa Sumberagung sendiri berasal dari kata mata air yang besar. Hal itu karena di desa ini terdapat tiga mata air yang yang selama ini dimanfaatkan sebagai irigasi warga Desa Sumberagung dan sekitarnya.

Kepala Desa Sumberagung, Kariadi, melihat potensi ini dan berencana memaksimalkan area sumber air untuk destinasi wisata keluarga. Sehingga dapat menggerakkan dan menambah perekonomian warga.

“Luas area mata air tersebut 1.2 hektar. Debit airnya besar, masih alami dan airnya bening. Selama ini sebagai irigasi saja. Namun melihat potensinya kami optimis bisa mengoptimalkan sebagai wahana wisata keluarga,” jelasnya.

sumber 1

Dijelaskan oleh Kariadi, dirinya telah bermusyawarah dengan warga guna mengalokasikan dana desa bagi pembangunan mata air tersebut. Selain itu juga melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Dinas Pengairan selaku pemilik lahan.

“Semoga pembangunan mata air ini berjalan lancar dan memberi manfaat bagi warga Sumberagung. Warga telah setuju sumber air dibangun,” tambah pria yang juga seorang arsitek ini kepada Kominfo, (20/2).

Dalam gambaran Kariadi, area sumber air ini akan difungsikan sebagai ruang terbuka hijau yang berisi taman, wisata air, tempat bermain anak, tempat pemancingan, jogging track dan kolam renang.

sumber 3

“Kami menggandeng karang taruna dalam penghijauan di area sumber air. Ini untuk menjaga kelestaraian sumber air dan debit airnya saat kemarau. Selain itu kami juga rutin kerja bakti menjaga dan membersihkan area sumber air,” tambahnya. (Kominfo/yda,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh