Friday, 24 May 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Desa Pranggang Kembangkan Wisata Sumber Songo

songo 1

Potensi wisata di setiap daerah tidaklah mudah untuk bisa berkembang. Dibutuhkan inovasi yang unik dan sekreatif mungkin untuk mengembangkan dan mewujudkannya sebagai destinasi wisata yang potensial.

Salah satunya yang ada di Desa Pranggang, Kecamatan Plosokaten Kab. Kediri. Desa ini mempunyai potensi yang sangat menarik, yaitu banyaknya sumber mata air yang melimpah. Potensi wisata air di daerah ini menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan dengan daerah lainnya. Yang saat ini mulai dikembangkan yaitu Sumber Songo, berlokasi di Dusun Bangun Rejo, Desa Pranggang.

Sesuai dengan namanya yaitu Sumber Songo jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, songo artinya sembilan. “Di sumber ini terdapat sembilan mata air. Selain mempunyai panorama yang teduh dan hijau, di Sumber Songo juga terdapat keramba jaring apung ikan yang berjumlah kurang lebih 114 keramba. Terdapat berbagai jenis ikan air tawar yang dibudidayakan di sumber ini, seperti ikan nila, lele, patin, koi dan komet," jelas Suprayitno, Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sumber Songo, (19/2).

songo 2

"Sumber Songo ini mulai dikembangkan dari 3 bulan yang lalu, berawal dari persepsi bersama dari warga dan Pemerintah Desa (Pemdes) untuk meningkatkan ekonomi dan menambah destinasi wisata terbaru. Selain terdapat keramba, nantinya akan dikembangkan dan dibangun berbagai tempat swafoto yang instragramable, gazebo dan warung untuk menikmati suasana pemandangan sumber songo, sembari menikmati makanan dan minuman dari tepi sumber," jelas Suprayitno.

Walaupun belum sepenuhnya selesai dalam pembangunan, Sumber Songo ini sudah layak dikunjungi sebagai salah satu spot foto yang sangat menarik dan instragamable. Untuk berkunjung ke lokasi ini tidak dikenakan biaya atau gratis.

Lokasinya cukup dekat jika melewati dari Kec. Plosokaten kearah Blitar dari Pare. Tepatnya di Dusun Bangun Rejo Ds. Pranggang Kec. Plosokaten, dekat dengan salah satu pabrik rokok terkenal di daerah tersebut.

songo 3

"Diharapkan dengan adanya destinasi wisata terbaru Sumber Songo ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga khususnya warga Desa Pranggang. Terima kasih atas dukungan pemerintah Kab. Kediri, semoga Sumber Songo ini cepat berkembang dan menjadi ikon terbaru di Kab. Kediri Khususnya Desa Pranggang,” harap Suprayitno. (Kominfo/dn, all team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh