Sunday, 21 April 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Usaha Keras Dibalik Kesuksesan Mahmud Septian

mahmud 1

Siapa yang tidak mengenal Mahmud Septian Afrizal, seorang pemuda Kabupaten Kediri yang meraih Juara 2 Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 ini. Di usia 25 tahun ini Mahmud sudah menjadi pemuda sukses dengan usaha di bidang kesenian. Kesuksesaannya tersebut dimulai ketika Mahmud duduk di Sekolah Menengah Atas.

“Saat SMA saya mendapat tugas hasta karya, akhirnya saya membuat gantungan kunci berbentuk pecut dari bahan bekas kresek,” ujar pria asal Desa Paron Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri ini. Awal mula dari tugas hasta karya tersebut yang mengantarkan Mahmud kepada kesuksesan.

mahmud 2 

Setelah menyelesaikan tugas hasta karya tersebut, ia mencoba mengunggah foto hasil karyanya melalui media sosial. Alhasil beberapa temannya dari wilayah Kabupaten Kediri hingga Kalimantan memesan karyanya. “Teman-teman melihat hasil hasta karya yang saya unggah dan mulai pesan gantungan kunci dengan jumlah 500 biji,” ucapnya, (17/11).

Tidak berhenti di situ saja, Mahmud juga mulai membuat alat-alat kesenian jaranan mulai dari topeng, barongan, kaos jaranan, pecut, hingga kaos khas Kabupaten Kediri. Dari usahanya tersebut menghasilkan rupiah baginya. Bukan tanpa alasan, Mahmud sadar sebagai pemuda harus mampu melestarikan kebudayaan di era saat ini.

Tidak hanya dirinya sendiri, ia juga mengajak rekan serta keluarganya untuk melestarikan kebudayaan melalui pembuatan pernak-pernik jaranan, membentuk kelompok jaranan dan memberikan pelatihan kepada ibu-ibu untuk membuat kerajinan tangan. “Saya merangkul ibu-ibu dan teman-teman di Kabupaten Kediri. Selain ingin saling tukar ilmu, juga agar mereka sebagai pemuda ikut melestarikan kebudayaan,” tambahnya.

mahmud 3

Sampai saat ini Mahmud tetap mempertahankan usaha membuat kerajinan kesenian tersebut hingga medirikan galeri untuk menjual beberapa produknya. Ia berharap kebudayaan tidak akan punah dan tetap lestari lewat salah satu usaha yang ia jalani saat ini. (Kominfo/daw, tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh