Rabu, 01 Oktober 2014
  • Indonesian
  • Mandarin

Tahapan Pilkades

There are no translations available:

TIDAK ADA PAKSAAN JADWAL DALAM SELURUH TAHAPAN PILKADES

Image
Bupati Sutrisno ketika meninjau pelaksanaan Pilkades beberapa waktu lalu
Tidak ada paksaan atau percepatan jadwal dalam seluruh tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Kediri. Seluruh tahapan sudah sesuai prosedur dan sudah menjadi keputusan Tim, bukan keputusan Bupati sendiri.

Demikian pernyataan yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Kediri Drs. Sigit Rahardjo, Msi.,  Minggu pagi (9/12) di kediamannya. Pernyataan Kabag Humas dan Protokol Sigit Rahardjo ini disampaikan menjawab pertanyaan Wartawan yang menanyakan tentang tahapan pelaksanaan Pilkades termasuk adanya beberapa permasalahan yang timbul.

Pada dasarnya, lanjut Sigit Rahardjo, seluruh tahapan pelaksanaan Pilkades mulai dari pembentukan BPD, pembentukan panitia pemilihan di masing-masing desa, sampai pada tahap pelantikan nantinya, sudah sesuai jadwal dimana semua tahapan tersebut sudah dibahas oleh Tim. ”Seluruh tahapan Pilkades harus tetap berjalan karena terkait dengan pelaksanaan pemerintahan di masing-masing desa”, tandasnya.

Menurut Sigit, pelantikan kepala desa terpilih dari pelaksanaan Pilkades tahap I  sebanyak 118 desa dan tahap II sebanyak 82 desa namun seorang kades terpilih saat ini sedang menunaikan ibadah haji, yang seluruhnya berjumlah 200 desa, tetap akan dilaksanakan secara serentak pada Hari Selasa tanggal  11 Desember 2007 di Simpang Lima Gumul. Sementara bagi pihak yang merasa keberatan terhadap hasil pelaksanaan Pilkades dapat menyampaikan keberatannya melalui prosedur yang ada atau melalui jalur hukum.

Sementara itu pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) bagi 5 wilayah kecamatan di kawasan rawan bencana gunung Kelud, digelar pada 19 Desember 2007 mendatang. 5 kecamatan yang akan menggelar Pilkades tersebut masing-masing Kecamatan Wates, Ngancar, Plosoklaten, Puncu, dan Kepung. Sebanyak 46 desa di 5 kecamatan akan menggelar Pilkades. Tahapan pelaksanaannya akan dimulai pada tanggal 10 Desember 2007 dengan jadwal pendaftaran pemilih, yang kemudian akan dilanjutkan dengan tahapan-tahapan berikutnya.

5 kecamatan yang akan menggelar Pilkades masing-masing Kecamatan Wates sebanyak 15 desa, Ngancar 10 desa, Plosoklaten 10 desa, Puncu 6 desa, dan Kepung 5 desa. Rencananya pelaksanaan pelantikan bagi Kepala Desa terpilih pada Pilkades susulan ini akan dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2008. (ed)

This content has been locked. You can no longer post any comment.