Thursday, 04 June 2020
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Antisipasi Outbreak Covid-19, GTPP Kab. Kediri Siapkan Ruang Isolasi

Penyebaran virus korona belum menunjukan angka penurunan. Pemerintah pun berupaya keras membatasi persebaran virus dan menangani masyarakat terdampak Covid-19. Untuk itu, Bupati Kediri bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri mengadakan pertemuan dan membahas pemilihan tempat sebagai antisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi outbreak.

antisipasi 1

Pertemuan ini berlangsung di Joglo Pemkab Kediri, Senin (27/4/20). Kegiatan dihadiri Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, dr. Bambang Triono Putro, Direktur RSKK, dr. Ibnu, Juru Bicara GTPP Kab Kediri , dr. Akhmad Khotib, dan Sekretaris GTPP Kab. Kediri, Slamet Turmudi.

Dalam rapat yang digelar dengan cara physical distancing tersebut, Bupati Kediri meminta agar ada tindak lanjut terkait gugus tugas, dimana posko Covid-19 di desa agar difasilitasi ruang isolasi diri, serta sebagai antisipasi terjadinya outbreak pasien dalam pemantauan di 26 kecamatan wilayah Kabupaten Kediri.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan, dr. Bambang Triono Putro, menjelaskan, persiapan ruangan ini penting apabila sewaktu-waktu terjadi outbreak. Selama ini bila ada OTG, mereka dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri. Namun ada beberapa kendala bila melakukan isolasi mandiri di rumah.

antisipasi 2

Gedung-gedung dengan ruang besar seperti Wisma Persedikab, rumah singgah di Grogol dan BLK Pare akan disurvey, dimana ruangan-ruangan ini ditujukan kepada orang tanpa gejala baru. Perlu dilakukan studi kelayakan dengan melihat kebutuhan ruang. Idealnya terdapat 2 sampai 3 ruang agar dapat memisahkan antara pasien lama dengan pasien baru.

Pemilihan gedung atau ruangan ini diharapkan dapat dijangkau oleh fasilitas kesehatan agar pemantauannya lebih mudah. (Kominfo/fz,dn,tee,wk)

banner