Saturday, 15 August 2020
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

KRPL Antar Desa Tertek Raih Juara Anugerah Desa

Penghargaan Anugerah Desa rutin digelar Pemkab Kediri tiap tahun untuk merangsang desa-desa menciptakan program-program yang bermanfaat dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tahun 2019 lalu ada 10 kategori yang diperlombakan, salah satunya kategori Inovasi Bidang Pengelolaan Lingkungan yang dimenangkan oleh Desa Tertek Kecamatan Pare.

krpl 1

Dalam kategori ini, Desa Tertek membuat inovasi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), tepatnya di Jl. Strobery RT. 1 RW 9 Dusun Jombangan. Di sepanjang jalan ini, seluruh warga yang berjumlah kurang lebih 40 KK, menanam berbagai macam tumbuhan sayur dan buah di depan rumah. Mereka menanam tanaman sayuran ataupun buah secara mandiri dan swadaya bersama. Selain itu, Pemerintah Desa Tertek juga menggalakkan program “Gemar Tabur” yang mempunyai arti gerakan masyarakat tanam buah dan sayur.

Menurut Farida, salah satu warga Desa Tertek, terdapat sekitar 30 varietas tanaman baik buah maupun sayur mayur dalam KRPL Desa Tertek Pare ini. “Buah yang ditanam warga seperti strobery, blimbing, sawo, kelengkeng, jambu kristal dan lain-lain. Sedangkan untuk sayur antara lain cabai, terong, sawi, tomat, pa choy, selada, bawang, buchery, sawi pagoda, sawi jepang, kangkung, bayam, brokoli, bungkul serta bayam,” ungkapnya (27/1).

Untuk mendapatkan benih tanaman, warga bisa mencari sendiri atau dari rumah bibit yang dibentuk secara swadaya oleh warga. Selain itu juga ada bantuan bibit dari Pemkab Kediri melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan dan Pemdes Tertek. Hasil yang dipanen dari KRPL ini tidak hanya dikonsumsi sendiri, namun juga dijual ke beberapa swalayan yang telah bekerja sama sejak tahun 2014. Dari hasil penjualan, sebagian dana kembali kepada warga yang menanam, sebagian masuk ke kas desa yang digunakan untuk perbaikan serta perawatan lokasi dan pembelian benih.

krpl

Yang menarik dari KRPL Desa Tertek ini yakni adanya Panen Kejujuran, yaitu petugas bagian panen tidak perlu mencatat berapa jumlah tanaman warga yang dijual, namun langsung memberikan uang hasil penjualan kepada warga pengelola tanaman tersebut. Atas prestasi ini, Pemerintah Desa Tertek memberikan apresiasi serta menyediakan beberapa fasilitas yang diperlukan untuk KRPL warga.

Dengan adanya program ini kawasan Desa Tertek lebih indah, menarik dan sehat. Selain itu, warga juga lebih mudah untuk mendapatkan sayur maupun buah. Target desa kedepan, seluruh masyarakat Desa Tertek menggunakan KRPL di depan rumah masing-masing. Desa Tertek pun sering mendapatkan kunjungan dari desa-desa lain dari berbagai wilayah di Indonesia sebagai desa percontohan KRPL. (Kominfo/fd,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner