Sunday, 20 September 2020

Ajak Generasi Muda Peduli Sampah Sejak Dini

school 1

Telah banyak himbauan dan aturan berkaitan tentang pengurangan penggunaan plastik yang dilakukan pemerintah, namun hasilnya masih belum maksimal. Jadi, jika ingin anak-cucu kita di masa depan bisa menikmati kehidupan dengan lingkungan yang lebih sehat dan bersih, maka mulailah peduli terhadap lingkungan mulai sekarang. Salah satunya dengan mengurangi penggunaan plastik.

"Save Planet Without Plastic" adalah tema yang diambil pada pagelaran Scholl Contest 2020 yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Kediri tahun 2020. Bekerja sama dengan Radar Kediri, agenda rutin ini digelar di Convention Hall Kabupaten Kediri pada tanggal 27-29 Februari 2020.

Kegiatan ini mengajak generasi muda untuk menangani sampah, baik secara konvensional, digital marketing dan masih banyak lagi. Peserta diberi kebebasan mendaur ulang sampah plastik dalam event competition ‘Business Plan’. Siswa-siswi perwakilan dari SMA/MA/SMK se-eks karesidenan Kediri beradu kreativitas untuk mengolah sampah menjadi barang yang mempunyai nilai tambah.

school 2

 

Ada yang membawa produk daur ulang untuk meyakinkan dewan juri. Ada pula yang menyiapkan ide menggunakan aplikasi pengurangan sampah bahkan melakukan terobosan di lingkungan sekitarnya untuk penggilingan sampah.

Adit siswa SMAN 1 Gurah menyampaikan, adanya event ini membuatnya sadar bahwa sampah menjadi momok yang harus ditangani masyarakat.

“Khususnya generasi muda harus ikut andil, apalagi dengan era milenial sekarang yang semua serba digital. Kolaborasi teknologi dan pemberdayaan sampah adalah salah satu jawaban yang tepat," ungkapnya.

Sementara itu Ibu Nastiti selaku perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Kediri yang juga sebagai salah satu dewan juri menyampaikan, event ini bukan hanya sekedar anak-anak mengikuti lomba dan presentasi, tapi bagaimana mereka diberi edukasi secara langsung tentang pengelolaan sampah yang baik, sehingga dapat mengurangi sampah.

school 3

Hasil juara 1, 2 dan 3 perlombaan ini akan diumumkan pada tanggal 29 Februari 2020 di malam awarding School Contest 2020 di Convention Hall Simpang Lima Gumul. Selain itu, berbagai lomba digelar dalam School Contest, seperti mading competation, Jaka dan Gadis Batik, busines plan, lomba baris, tourism video competation, photography competation, dan masih banyak lagi. (Kominfo/vy,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner