Thursday, 13 August 2020

Wujudkan ASN Jujur, Profesional dan Bertanggung Jawab

Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kediri bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Timur menggelar upacara pembukaan latihan dasar (Latsar) bagi CPNS Gol III Pemerintah Kab. Kediri tahun 2020. Acara tersebut bertempat di Local Education Center (LEC), Jl. Penanggungan Kota Kediri, Senin 24 Februari 2020.

latsar 1

Selain dihadiri Sekretaris Daerah Kab. Kediri, Dede Sujana, S.Sos, M.Si, turut hadir Kabid Pengembangan Kompetensi Dasar dan Managerial BPSDM, M.Suluh, SH, M.Si., dan Kepala BKD Kab. Kediri Dr. Mohamad Solikin, MAP.

Membacakan sambutan Bupati Kediri, Sekda Dede Sujana menyampaikan bahwa pelaksanaan latsar di pemerintah Kabupaten Kediri ini adalah tindak lanjut keputusan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Dimana pada pasal 11 tentang struktur kurikulum pelatihan dasar CPNS terdiri atas kurikulum pembentukan karakter PNS dan kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang tugas.

“Pada kesempatan ini saya mengharapkan kepada seluruh CPNS untuk tidak lupa bersyukur dan terus mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. Dan dengan Latsar ini diharapkan adanya peningkatkan kompetensi aparatur pemerintah mengemban amanah untuk melayani masyarakat,” kata Sekda Dede.

Selanjutnya Plt. Kepala Bidang Diklat BKD Kab Kediri, Agus Joko P. Menjelaskan, BKD Kab. Kediri dengan BPSDM Jatim bekerja sama melaksanakan Latsar ini berkelanjutan.

latsar 2

“Kedepan diharapkan Latsar bisa dilaksakan di daerah, dimana untuk prosentase pembimbing, 30 % dari daerah dan 70 % dari provinsi,” ujarnya.

Agus menambahkan, kegiatan Latsar dilaksanakan di LEC karena fasilitas yang ada sudah memenuhi syarat, dengan asrama dan ruang pembelajaran yang cukup lengkap dan representatif. Pelaksanaan latsar ini akan berlangsung selama 21 hari.

“Melalui penyelenggaraan Latsar ini, diharapkan setiap ASN memiliki nilai-nilai dasar yang disingkat ANEKA, yaitu Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika publik, Komitmen mutu dan Anti korupsi. Semuanya merupakan nilai-nilai dasar yang harus diinternalisasikan dan dilaksanakan dalam pelaksanaan tugas bidang masing-masing,” jelas Agus Joko.

Selain itu, dengan materi pembelajaran pembentukan karakter, para peserta pun diharapkan dapat menjadi ASN yang jujur, profesional dan bertanggung jawab. (Kominfo/dn,rx,tee,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner