Friday, 24 January 2020
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Usaha Batako

batako 1

Semua pasti sudah tidak asing lagi dengan Desa Sumberejo Kecamatan Ngasem Kab. Kediri. Desa dimana monumen Simpang Lima Gumul berada.

Desa Sumberejo dipimpin oleh Kepala Desa yang masih muda, bernama Dwi Santosa. Dengan inovasinya ia membuat usaha pemberdayaan masyarakat, khususnya masyarakat yang tidak mampu dan menciptakan lapangan pekerjaan melalui kelompok usaha pembuatan batako pres di Desa Sumberejo Kecamatan Ngasem.

Pada awal tahun 2019 lalu, Dwi panggilan akrabnya, melaksanakan studi banding ke sentra pembuatan batako. Setelah itu ada ketertarikan dalam benaknya untuk membuat usaha seperti itu di desanya.

Sekitar bulan Mei 2019, Dwi memberanikan diri membuat Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang diberi nama Santosa Group yang bergerak di bidang pembuatan batako. Anggota KUB Santosa Group berjumlah 10 orang dan mereka juga yang mengoperasikan mesin pembuatan batako.

batako 2

"Anggota kelompok yang kami pilih ini tidak sembarangan, yaitu yang tergolong warga kurang mampu. Kenapa saya memilih warga kurang mampu, karena dengan masuk sebagai kelompok ini akan lebih meningkatkan perekonomiannya," terang Dwi saat ditemui di tempat usahanya, (5/1/20).

"Awalnya masih manual dan hasilnya kurang memuaskan konsumen, akhirnya dibelikan mesin pres. Dengan mesin-mesin yang dimiliki sekarang pekerjaan semakin cepat, pemesan juga semakin banyak," terang Dwi.

Dwi mengaku dalam sehari, dengan menggunakan mesin pres ini bisa menghasilkan 700 sampai 800 buah batako. Jika ada pesanan, pembuatan dilakukan dengan sistem borongan agar pekerjaan lebih cepat selesai.

“Untuk pemasarannya masih sekitar Kediri saja dan kami sudah memiliki orang yang bertugas mencari konsumen. Per biji batako kami bandrol dengan harga 2200 rupiah,” jelasnya.

batako 3

Produk batako buatan KUB ini pun berkualitas baik. Dengan menggunakan mesin pres, batako lebih keras. Selain untuk bahan dinding, batako tersebut juga bisa untuk pondasi bangunan.

“Alhamdulillah besok Senin tanggal 6 Januari 2020, Santosa Group bersama 4 kelompok usaha lainnya akan mendapatkan bantuan dari BRI pusat. Harapan kami dengan bantuan ini, kedepan dapat meningkatkan usaha pembuatan batako. Selain itu juga akan memotivasi kami agar lebih giat lagi dalam mengembangkan usaha dan semakin banyak anggota yang bergabung,” pungkasnya. (Kominfo/lks,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner