Sunday, 31 May 2020
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Penghijauan di Desa Tawang

 

tawang 1

Pemerintah Kabupaten Kediri gencar menggelar penghijauan dalam rangka konservasi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di berbagai wilayah Kabupaten Kediri. Sabtu pagi, 28 Desember 2019 pukul 06.00 WIB, kembali dilaksanakan penghijauan dengan penanaman bibit pohon di Sumber Mata Air Plumpungan, Desa Tawang, Kecamatan Wates.

Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Widodo Imam Santoso, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Putut Agung Subekti, Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Anang Widodo, jajaran Forkopimcam, serta perwakilan dinas terkait.

Penanaman pohon di lokasi ini berorientasi sebagai konservasi, bertujuan sebagai pusat penyerapan air, sehingga tidak berpengaruh signifikan ketika memasuki kemarau panjang. Ini terbukti di tahun kemarin saat kemarau panjang, sumber air di sekitar lokasi tersebut tetap stabil.

 

tawang 2

Bupati Kediri dr. Hj Haryanti Sutrisno juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dan memelihara pohon yang telah ditanam karena nantinya pohon-pohon ini berfungsi sebagai pilar penjaga sumber air. Dengan demikian, perlindungan sumber daya air dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Penghijauan ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Kediri serta dukungan terhadap keberadaan objek wisata desa. Sekaligus perhatian pemerintah kepada masyarakat di Kabupaten Kediri khususnya di sekitar sumber mata air.

Dengan berbagai jenis tanaman penghijauan ini, diharapkan tidak hanya sebagai sumber air saja. Sumber Mata Air Plumpungan ini nantinya akan dijadikan objek desa wisata di Kabupaten Kediri yang memiliki potensi cukup beragam dengan konsep asri dan alami. Pembenahan serta penambahan fasilitas terus dilaksanakan oleh pemerintah desa dan dibantu oleh masyarakat sekitar.

tawang 3

Kepala Desa Tawang, Edi Budianto menyampaikan terima kasih atas support luar biasa dari Ibu Bupati dan Pemerintah Kabupaten Kediri yang telah memberikan bibit buah, utamanya bibit pohon aren. Tidak hanya di area sumber saja yang ditanami, tetapi di rest area juga ditanami pohon tabebuya dan pohon ketepeng kencana. (Kominfo/fz,yda,tee,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner