Saturday, 15 August 2020
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

3 Sarang Tawon Raksasa Dievakuasi Damkar

Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kediri mengevakuasi sarang tawon raksasa yang berada di pemukiman warga, di Desa Wanengpaten Kecamatan Gampengrejo, (6/12). Evakuasi ini dilakukan karena keberadaan sarang tawon meresahkan warga dan dapat menyengat sewaktu-waktu.

tawon 1

Beberapa sarang tawon berukuran 40 sampai 80 centimeter yang berada di atap rumah dan pohon halaman warga ini meresahkan karena dapat menyengat sewaktu-waktu. Menurut warga, keberadaan sarang tawon itu sudah sangat lama. Awalnya warga membiarkan keberadaan sarang tawon. Namun semakin lama sarang semakin besar dan warga takut untuk mengevakuasinya.

Dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran, petugas yang berpakaian serba tertutup langsung mengevakuasi sarang tawon. Evakuasi dilakukan dengan cara dibakar dan disemprot air, tergantung lokasi sarang. Menurut salah satu petugas Damkar, Suprapto, ada sarang yang posisinya terlalu dan di antara rerimbunan, sehingga menghambat evakuasi.

tawon 2

Sementara itu, Pj. Kades Wanengpaten, Angger Krido mengatakan, pemusnahan sarang tawon ini adalah untuk menghindari serangan tawon pada warga. “Sarang tawon ini sudah ada sejak lama dan sudah besar. Posisinya dekat dengan jalan sehingga rawan, dikhawatirkan menyengat pengguna jalan. Hari pemusnahan dilakukan di tiga titik, 2 di Dusun Compong dan 1 di Dusun Wangpaten,” terangnya.

Usai dievakuasi, sarang tawon kemudian langsung dibuang agar tidak membahayakan warga. Petugas menghimbau kepada warga, jika ada kejadian serupa segera melapor ke petugas untuk proses evakuasi. (Kominfo/ag,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner