Monday, 14 October 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Tito Alba Sahabat Petani

Tahukah Anda Tito Alba? Ini bukan nama tokoh ataupun karakter dalam sebuah cerita, melainkan jenis burung hantu. Jenis ini merupakan musuh alami dari hama tikus yang merusak tanaman petani.

burung 1

Beberapa waktu yang lalu 3 pasang burung hantu tito alba diserahkan kepada petani di Desa Paron Kec. Ngasem yang kemudian dimasukkan ke dalam pagupon sebagai rumah burung hantu tersebut. 10 hari kemudian pagupon bisa dibuka dan burung hantu keluar agar bisa mengendalikan hama tikus di desa tersebut,” ungkap Sahat Tua Panjaita, Kasie Perlindungan dan Pengamanan Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Perkebunan.

Ia berharap masyarakat ikut menjaga agar burung ini tetap pada fungsinya dengan tidak mengganggu keberadaannya, apalagi sampai ditembak

Demi menjaga kelestarian burung hantu tito alba tersebut, Dipertabun memberikan sosialisasi kepada para petani di Desa Paron Kecamatan Ngasem. Acara pada Kamis (3/10) tersebut bertempat di gubuk Gapoktan Tani Makmur Desa Paron dengan dihadiri oleh para petani .

Para PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) Kecamatan Ngasem yang ikut dalam sosialisasi tersebut akan terus memberikan penyuluhan dan wawasan kepada para petani untuk terus bekerja bersama agar hasil panen meningkat.

burung 2

Yayuk Anisa, salah satu PPL Ngasem berharap semoga dengan kerjasama yang baik dari semua pihak hama-hama yang sering meyerang tanamana bisa teratasi.

Dengan bantuan burung hantu tito alba dari Dinas Pertanian dan Perkebunan, hama tikus yang menyerang dapat dikendalikan. Semoga masyararakat dan para petani bisa menjaga kelestarian burung tersebut,” kata Yayuk. (Kominfo/lk,dng,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner