Monday, 18 November 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

TP4D Lakukan Pendampingan Pelaksanaan Proyek

tp4d 1

Pemerintah Kabupaten Kediri bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri melakukan kegiatan pendampingan pembangunan proyek bersama Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D). Pendampingan ini adalah untuk mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan.

Pendampingan yang dilakukan TP4D di Kabupaten Kediri mendapat respon positif. Hal tersebut terlihat dari pendampingan yang dimohonkan oleh organisasi perangkat daerah di wilayah Kabupaten Kediri.

tp4d 2

Bermula pada tahun 2016 yang hanya mendampingi 2 kegiatan pembangunan, kemudian berlanjut di tahun 2017 menjadi 8 kegiatan, selanjutnya di tahun 2018 berlipat menjadi 27 kegiatan dan di tahun 2019 melejit menjadi 34 kegiatan dengan total anggaran hampir mencapai 500 milyar rupiah.

Seperti pada Selasa (24/9), TP4D melakukan sidak ke sejumlah proyek. Diawali dengan mendatangi proyek dari Dinas Perdagangan, yakni pembangunan Pasar Bendo Pare. TP4D melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah bangunan, salah satunya saluran drainase. Petugas langsung melakukan pemeriksaan kualitas beton, mulai dari pengukuran lebar beton, diameter besi tulang beton, serta proses pengerjaan beton penutup drainase. Usai memeriksa saluran drainase, berlanjut ke pemeriksaan pemasangan paving, lampu, serta saluran air.

tp4d 3

Pemeriksaan proyek selanjutnya adalah pembangunan rumah potong hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan di Kecamatan Pare. Petugas memeriksa bangunan induk hingga bangunan pendukung. Pemeriksaan dilakukan pada plavon, pengecoran, struktur kusen pintu serta pondasi. Dilanjutkan dengan mendengarkan paparan dari pengawas proyek yang berisi tentang progres pengerjaan serta estimasi waktu pengerjaan.

Berikutnya adalah proyek Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, yakni proyek pembangunan jalan akses menuju rumah potong hewan dan pembangunan jalan penghubung Plosoklaten - Gedangsewu . Petugas memeriksa kualitas pondasi pembatas jalan dengan lahan persawahan, selanjutnya pemeriksaan pengecoran jalur penghubung Plosoklaten Gedangsewu untuk peningkatan kualitas jalan.

Plt. Inspektur Kabupaten Kediri, Nono Soekardi, SH. MM. mengatakan, pemeriksaan TP4D bersama Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) ini adalah untuk melihat kondisi pelaksanaan proyek di lapangan pada proses pengerjaan proyeknya. Usai dilakukan pemeriksaan, akan dibuatkan laporan terkait hasil dan temuan yang ada di lapangan, baik laporan dari aspek hukum serta aspek kegiatan, sehingga nantinya terdapat rekomendasi perbaikan. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pengerjaan proyek.

tp4d 4

Sementara itu, Kasi Intelijen Kejari Kab. Kediri Ika Ayuningtyas, SH, mengatakan, dalam sidak tersebut terdapat beberapa temuan kekurangan dari pelaksanaan proyek, namun langsung diberikan masukan agar dilakukan perbaikan. Pihaknya juga memberikan pendapat dari aspek hukum, harapannya dengan pendapat dan masukan tersebut dapat segera dilakukan perbaikan, sehingga tidak akan muncul masalah di kemudian hari.

Pelaksanaan sidak ini bertujuan untuk mengawal , mengamankan, serta mendukung keberhasilan pembangunan. Sehingga dapat mencegah penyimpangan yang berpotensi menimbulkan kerugian bagi keuangan negara. (Kominfo/ag,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner