Wednesday, 20 November 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Penuhi Stok Darah PMI, Pemkab Kediri Gelar Donor Darah

Menyambut HUT ke-74 RI, Pemkab Kediri bekerja sama dengan PMI Kabupaten Kediri menggelar aksi donor darah. Selain untuk membangkitkan semangat membantu sesama, kegiatan ini juga untuk memenuhi kebutuhan stok darah PMI.

donor 1

Sejak pagi antusiasme peserta terlihat dengan penuhnya ruangan serta antrian untuk berdonor. Nampak hadir jajaran TNI, Polri, ASN, dan masyarakat sekitar. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Jayabaya Pemkab Kediri, Rabu (14/8).

Pemkab Kediri rutin menggelar donor darah, namun kali ini istimewa karena didasari semangat 17 Agustus 1945 sebagai wujud jiwa nasionalisme. "Kegiatan ini berlangsung sebagai rangkaian peringatan HUT ke-74 RI, serta membangkitkan semangat para relawan untuk membantu sesama. Acara ini nantinya berlangsung mulai dari pukul 07.00 - 12.00 WIB," ucap dr. Arini Setiani, Kepala Unit Tranfusi Darah PMI Kab. Kediri.

donor 3

Menurutnya, stok darah antuk Kabupaten Kediri sudah tercukupi. Ini tak lepas juga dari peran Pemkab Kediri beserta jajaran yang aktif menggelar aksi sosial ini. "Alhamdulillah kesadaran masyarakat Kabupaten Kediri serta support pemerintah sangat luar biasa. Ini bisa membantu mencukupi permintaan darah. Harapan saya kesadaran untuk berdonor semakin meningkat. Selain karena bermanfaat untuk kesehatan, kebutuhan darah pun terus meningkat. Jadi bagi pendonor jangan pernah berhenti mendonor,” lanjutnya.

Kegiatan berjalan lancar dan animo pendonor cukup tinggi. Sayangnya, tidak semua peserta bisa lolos untuk menyumbangkan darahnya. Dari 194 pendaftar, hanya 145 orang yang bisa berdonor. 49 orang tidak bisa mendonorkan darahnya karena tidak memenuhi persyaratan, seperti tekanan darah yang terlalu rendah atau tinggi, kadar HB, maupun karena sedang mengkonsumi obat.

donor 4

Sebagai informasi, dari kegiatan donor darah kali ini diperoleh 145 kantong, terdiri dari golongan darah A sejumlah 37, golongan darah B sejumlah 47, golongan darah O sejumlah 53 dan golongan darah AB sejumlah 8 kantong. (Kominfo/fz,dng,tee,wk)

banner