Sunday, 08 December 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Bersama Masyarakat Kita Cegah Stunting

ringinrejo 1

Pemkab Kediri gencar melakukan upaya percepatan penurunan stunting di wilayah Kab. Kediri. Hari Rabu (17/7), Tim Percepatan Penurunan Stunting Kab. Kediri kembali menggelar sarasehan dan rembuk stunting dalam rangka konvergensi percepatan dan penurunan stunting melalui pemanfaatan dana desa.

Kali ini merupakan kegiatan hari ketiga yang digelar di dua desa yaitu di Desa Bulusari Kec. Tarokan dan Desa Ringinrejo Kec. Ringinrejo. Kegiatan seperti ini sebelumnya sudah diselenggarakan di 4 desa lainnya yaitu di Desa Kwaron Kec. Papar, Desa Dawung Kec. Ringinrejo, Desa Tertek Kec. Pare dan Desa Nambaan Kec. Ringinrejo. Jadi setiap pelaksanaan rembuk stunting, dalam sehari digelar bersamaan di dua desa lokus (lokasi khusus) stunting.

ringinrejo 2

Rembuk stunting di Balai Desa Ringinrejo Kec. Ringinrejo dihadiri perwakilan Dinkes Kab. Kediri, DPMPD, Bagian Kesra, Kepala UPTD Puskesmas Sambi, perwakilan Kecamatan Ringinrejo, TP PKK Kecamatan, Kepala Desa Ringinrejo, pendamping desa, bidan desa, guru TK, kader posyandu, tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Ringinrejo.

Acara dibuka oleh Camat Ringinrejo yang diwakili Sekretaris Camat (Sekcam) Ringinrejo, Sukamdiyat. Beliau menyambut baik acara ini dan mengapresiasi Tim Percepatan Penurunan Stunting Pemkab Kediri yang sangat sigap dan cepat melakukan upaya-upaya untuk mengatasi stunting.

“Mari, bersama masyarakat kita cegah terjadinya stunting, khususnya di wilayah Kecamatan Ringinrejo dan umumnya di seluruh wilayah Kab. Kediri. Selanjutnya bagi para peserta yang hadir agar ilmu yang didapatkan dari pertemuan ini bisa segera bisa diinformasikan kepada masyarakat terkait dengan pencegahan stunting,” pesan Sekcam.

ringinrejo 3

Beliau juga menambahkan pencegahan stunting tidak bisa berhenti disini saja, kedepannya akan dilakukan upaya terus-menerus dan berkelanjutan secara masif dan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

“Informasi dan edukasi terkait pencegahan stunting bisa disampaikan di Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu), pertemuan para Muslimat, pengajian maupun dalam forum lainnya untuk menyampaikan pentingnya asupan kebutuhan gizi lengkap bisa terpenuhi sehingga bisa mencegah terjadinya stunting”, tambahnya.

Berikutnya penyampaian materi oleh Acmad Sidiq, S.TP dari Dinkes Kab. Kediri terkait pecegahan dan penanganan stunting. Selain itu juga bertindak sebagai narasumber Kepala Puskesmas Sambi Kec. Ringinrejo, Dr. Aziz Samsu Rizal.

ringinrejo 4

Kemudian dilanjutkan penyampaian informasi terkait upaya pencegahan stuntung melalui pemanfaatan penganggaran ADD (Alokasi Dana Desa) dan DD (Dana Desa) oleh Kepala Seksi Bantuan Pembangunan Desa DPMPD Kab. Kediri, Legisan, SH. Terakhir sebagai narasumber dari Bagian Kesra, Yudistira, SE.

Dan pada akhir acara juga dilakukan penandatanganan ‘Pernyataan Komitmen Pelaksanaan Konvergensi Percepatan Pencegahan dan Penanganan Stunting’ di Desa Ringinrejo Kec. Ringinrejo. (Kominfo/dn,tj,wk)

banner