Monday, 18 November 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Seminar Budaya Panji Nusantara

Masih dalam rangkaian acara Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri tahun 2019, Pemkab Kediri melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar Seminar Budaya Panji Nusantara 2019. Acara tersebut digelar di Ruang Kilisuci, Pemkab Kediri (11/7).

smnr 1

Yang menjadi spesial pada seminar kali ini yaitu hadir sebagai salah satu narasumber, Prof. Dr. Ing Wardiman Djojonegoro, beliau merupakan pengamat budaya sekaligus penggagas Cerita Panji sebagai Memory Of The World (MoW) UNESCO tahun 2017.

Selain itu juga turut hadir sejarawan dan akademisi dari Universitas Negeri Malang, Drs. Dwi Cahyono, M.Si., perwakilan dari Disbudpar Provinsi Jawa Timur dan para akademisi, seniman, budayawan serta mahasiswa.

Membacakan sambutan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Kediri, Kabid Sejarah dan Kepurbakalaan, Yuli Marwantoko, SE., MM. mengatakan seminar ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk terus mendorong dan memperkenalkan budaya Panji kepada kaum milenial supaya bisa terus lestari.

“Bersama tim kami sudah membentuk grup untuk publikasi milenial. Kami ajak para generasi penerus untuk melestarikan dan menularkan budaya Panji kepada adik-adik generasi penerus. Selain itu kami sudah memprogramkan cagar budaya masuk pada sekolah. Bersama tim budayawan kami memberikan wawasan situs budaya panji secara langsung ke lokasi,” ungkap Yuli Marwantoko.

smnr 2

Kemudian acara dilanjutkan dengan seminar. Bertindak sebagai moderator Drs. Sigit Widyatmoko, M.Pd. dan selanjutnya penyampaian materi oleh Prof. Dr. Ing Wardiman Djojonegoro tentang meningkatkan apresiasi sastra dan budaya Panji.

Saat ini kebanggaan dan apresiasi masyarakat akan budaya Panji masih kurang, sehingga harus selalu didorong dan dipublikasikan. Industrialisasi budaya merupakan salah satu upaya yang digencarkan saat ini sehingga apresiasi terhadap budaya Panji akan meningkat. Ini juga akan meningkatkan perekonomian warga khususnya warga Kediri.

“Saya sangat senang dan optimistis dengan dorongan dan keinginan Pemerintah Kabupaten Kediri yang sudah mengungkapkan tema di tahun yang akan datang yaitu Budaya Panji sebagai Pemersatu Nusantara. Dengan adanya upaya tersebut, besar harapan kami apresiasi yang diberikan kepada budaya Panji semakin meningkat. Karena budaya Panji mempunyai sejarah yang besar dan karya nenek moyang kita yang perlu dilestarikan,” ungkap Prof. Dr. Ing Wardiman Djojonegoro yang pernah menjabat sebagai Mendikbud era 1993-1998.

smnr 3

“Guna menanamkan budaya pada generasi jaman sekarang, perlu adanya campur tangan dan kewenangan pemerintah daerah untuk memasukkan budaya Panji pada muatan lokal dalam materi pelajaran di sekolah,” pungkas pria kelahiran Pamekasan 85 tahun silam ini. (Kominfo/dn,dwn,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner