Sunday, 20 October 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Cerita Panji Mendunia

fest 1

Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2019 adalah perhelatan ke-15. Konsep yang diangkat adalah "Panji Balik Kampung". Ceritanya punya story' telling yang tinggi, dipilih UNESCO sebagai Memory of the World (MoW).

Sedangkan untuk temanya selaras yaitu ‘Nyawiji Hayengkuyung Kadiri, Hanggayung Mukti’. Artinya, menyatukan hati, jiwa, cipta, rasa, dan karsa sebagai elemen penggapai cita-cita.

Rangkaian acaranya cukup beragam termasuk Festival Panji Nusantara 2019 yang telah digelar Rabu malam (10/7) di panggung utama Pekan Budaya dan Pariwisata 2019. Acara Festival Panji Nusantara tersebut mendapat sambutan hangat dari semua kalangan. Festival Panji Nusantara digelar di 6 Kota/Kabupaten termasuk Kab. Kediri yang bersamaan dengan Pekan Budaya dan Pariwisata 2019.

fest 2

Hadir pada malam tersebut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Prov. Jawa Timur Sinarko beserta rombongan, sejarawan serta para pencinta seni tentang cerita Panji.

“Pemerintah Prov. Jawa Timur sangat mengapresiasi hebatnya Kab. Kediri dalam mengelola daerahnya. Hingga dunia internasional pun mengenal budaya panji berada di Kabupaten Kediri,” kata Sinarko dalam sambutannya.

"Oleh sebab itu kita harus bangga karena memiliki budaya dan cerita Panji yang sangat melegenda," lanjutnya.

Pada malam yang cukup dingin tersebut penonton dihibur oleh 4 penampilan dari berbagai daerah yaitu Tari Panji Joko Blowo dari Yogyakarta, Songkoh Platu dari Kalimantan Timur, Kembul Nuryanto dari ISI Solo, dan pertunjukan Teater Tombo Ati.

fest 3

Selain di Kabupaten Kediri, kota/kabupaten lain sebagai tempat digelarnya Festival Panji adalah Kabupaten Blitar di Komplek Amphiteater Penataran, Pendopo Kabupaten Tulungagung, Taman Krida Budaya Jawa Timur Malang, Selomangleng Kota Kediri, dan Taman Candra Wilwatikta Pandaan Pasuruan. (Kominfo/lks,vi,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner