Sunday, 08 December 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

RTH Harus Aman dan Nyaman Bagi Anak

klahijau 1

Salah satu titik pantau tim verifikasi lapangan KemenPPPA pada penilaian Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Kediri adalah Taman Hijau SLG. Didampingi perwakilan dari satker terkait, tim yang dipimpin oleh Taufiq Uwaida mengunjungi ruang terbuka hijau (RTH) ini seusai berkunjung ke SD Karangrejo 1.

Begitu sampai di Taman Hijau, rombongan disambut tarian tradisional yang dipersembahkan anak-anak dari sanggar budaya Pare, (22/5). Selanjutnya mereka berkeliling untuk melihat lebih dekat fasilitas-fasilitas yang ada, seperti toilet, playground, air mancur, gardu pandang, wifi, dan lain sebagainya.

Kepada tim disampaikan bahwa Taman Hijau kerap dijadikan lokasi berbagai kegiatan, termasuk yang melibatkan anak-anak. Keberadaan playground adalah untuk mangakomodasi kegiatan anak bermain, begitu juga dengan sungai kecil dengan berbagai ikan hias, atau air mancur yang sering menjadi jujugan anak-anak.

klahijau 2

Untuk mengenalkan anak pada tumbuhan, di taman ini tersedia papan bertuliskan nama pohon yang berada di belakangnya. Kemudian perpustakaan keliling pun selalu standby di depan Taman Hijau, lengkap dengan ratusan buku dengan berbagai tema yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung, termasuk anak-anak.

Setiap harinya taman ini tak pernah sepi. Kunjungan meningkat pada saat weekend atau masa libur sekolah. Tak jarang sekolah-sekolah mengajak muridnya ke taman ini untuk belajar dan bermain. Selain keluar dari rutinitas kelas, belajar di ruang terbuka sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, memacu keaktifan dan membangun hubungan sosial yang lebih baik, serta menanamkan kecintaan pada alam dan Tuhan Maha Pencipta.

klahijau 3

Usai berkeliling taman, tim memberi saran dan masukan. Diantaranya untuk mengurangi sudut-sudut tajam pada bangku di taman. Selanjutnya, sarana dan prasarana juga harus ditingkatkan, dengan tetap mengedepankan prinsip keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung, terutama anak-anak. (Kominfo/tee,lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner