Wednesday, 16 October 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Karya Warga Binaan Lapas Ikuti Pameran UMKM

lapas 1

Untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Kediri yang ke-1215, digelar Pameran UMKM di area Simpang Lima Gumul yang diikuti puluhan UMKM se-Kabupaten Kediri. Berbagai olahan makanan dan produk hasil UMKM dipamerkan dan dijual kepada pengunjung selama satu minggu, 18-24 Maret 2019, mulai jam 4 sore hingga 10 malam.

Berbagai olahan makanan organik, kaos khas Kediri, batik hingga oleh-oleh khas Kabupaten Kediri berjajar di stand-stand yang sudah disediakan. Terdapat satu stand yang cukup istimewa pada pameran kali ini, yaitu partisipasi dari UMKM Warga Binaan Lapas Kediri.

lapas 2

Dari tenun ikat, sepatu, hiasan dari lintingan koran, meja mengaji hingga lukisan dinding ditampilkan di stand tersebut. Bapak Budi Santoso yang bertugas di stand menjelaskan bahwa Lapas Kediri telah berkerja sama dengan Dinas Perindustrian dan juga Rumah Pernik untuk mewujudkan UMKM Warga Binaan Lapas Kediri ini.

“Pelatihan keterampilan di Lapas Kediri saat ini dilakukan tiga kali dalam sebulan. Untuk produksi, teman-teman membuatnya di bengkel yang kami sediakan Alhamdulillah setiap hari jalan, tapi ya harus gantian,” terang Bapak Budi.

Untuk pemasaran produk yang dihasilkan warga lapas, Bapak Budi menjelaskan masih terkendala pada koneksi. Hingga saat ini pemasaran masih melalui pameran-pameran dari kementerian terkait, dan melalui pemesanan yang hanya datang beberapa waktu saja.

lapas 3

Pelatihan keterampilan yang diberikan hingga terbentuk UMKM ini bertujuan agar warga memiliki keterampilan selepas dari Lapas Kediri. Ini juga untuk memanfaatkan waktu para warga lapas agar tersalurkan pada hal positif. Dukungan dari dinas terkait dan pihak-pihak yang peduli hingga saat ini sangat membantu untuk perkembangan warga lapas Kediri yang berkarya lewat UMKM Binaan. (Kominfo/afi,team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner