Sunday, 20 October 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Kenali dan Kelola Segenap Potensi Desa

Desa wisata itu beda dengan wisata desa. Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

kim 1

Demikian disampaikan Kabid Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Zainal Arifin, SP saat membedah strategi dalam mengembangkan desa wisata, dalam kegiatan pembinaan KIM yang digelar Dinas Kominfo Kab Kediri di Desa Pranggang Kec. Plosoklaten, Kamis (28/2/19).

Dijelaskan lebih lanjut oleh Zainal alasan mengapa desa wisata perlu dikembangkan. Hal ini karena desa wisata memiliki potensi yang layak dijual kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu nuansa alam pedesaan yang indah dengan adat budaya lokal menjadi pesona yang dapat dinikmati wisatawan yang datang.

Aneka ragam budaya dan adat istiadat merupakan daya tarik khas Indonesia. Terutama desa wisata mampu menumbuhkan nilai ekonomi kepada masyarakat dan mampu menciptakan lapangan kerja di pedesaan,” tambahnya.

Zainal kembali menjelaskan langkah-langkah dalam mengelola desa wisata dilakukan bertahap. Pertama dengan menemukan dahulu potensi desa. Setelah mengenal potensi desa selanjutnya mengolah potensi tersebut.

kim 2

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan sumber daya manusia yang akan mengelola desa wisata. Diikuti dengan membangun jejaring untuk promosi dan pemasaran. Lalu membuat gerakan sadar wisata dengan program sapta pesona,ujar Zainal.

Sebagai informasi, Sapta Pesona merupakan jembatan sadar wisata masyarakat yang paling utama. Di dalamnya terdapat tujuh poin penting yang apabila diterapkan dengan baik akan terwujud korelasi antara masyarakat, pemerintah dan wisatawan yang seimbang. Tentunya ini yang dibutuhkan untuk membangun Kabupaten Kediri dari segi potensi pengembangan wisata. Jika dari satu desa ke desa lain sadar wisata, maka sektor lain pun akan tumbuh. (Kominfo/yda,all team,tj,wk)

banner