Thursday, 12 December 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Budidaya Pisang Cavendis Menjamur di Desa Kapi

Pisang merupakan salah satu buah yang paling digemari masyarakat dunia, khususnya Indonesia yang merupakan negara tropis dimana iklimnya sangat bersahabat dengan berbagai tanaman buah. Pisang cavendis adalah salah satu jenis pisang yang paling sering dikonsumsi, baik sudah berupa olahan maupun yang dalam bentuk buah. Rasanya yang manis legit, dagingnya yang tergolong tebal dan kulitnya yang kuning mulus terlihat cantik, membuat pisang ini dilirik oleh pasar supermarket.

Di Desa Kapi Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri, terdapat perkebunan pisang cavendis yang ternyata hasilnya dimasukkan ke pasar-pasar tradisional yang ada di Kabupaten Kediri. Kebun-kebun pisang ini adalah milik warga sekitar Desa Kapi, yang sengaja dibudidayakan untuk menjadi komoditas utama dari Desa Kapi.

Ibu Nurul Hidayah selaku kepala Desa Kapi menjelaskan bahwa pisang jenis cavendis sengaja dibudidayakan untuk menjadi ikon Desa Kapi.Bibit pisang pertama kita import, tapi berjalan 1 bulan kita sudah bisa mengembangkannya sendiri untuk pembibitan lanjutan. Untuk luas keseluruhan perkebunan pisang cavendis di Desa Kapi sendiri kurang lebih 5 hektar, jelasnya (20/2).

Selain didistribusikan kepada pasar-pasar tradisional di Kabupaten Kediri, pisang cavendis dari Desa Kapi sendiri dipasarkan kepada warga desa maupaun sekitar desa yang memiliki hajatan baik khitanan maupun pernikahan.

Sistem pemesanan pisang cavendis untuk hajatan tergolong unik, karena pemesan harus memesan satu hingga dua bulan sebelum pisang siap panen. Sang pemesan dapat melihat dan memilih calon pisang yang akan dibeli, jika sudah memilih pisang mana yang akan dibeli, pohon dan buah pisang akan dinamai sesuai nama si pembeli. Sebagai tanda bahwa buah pisang yang telah dinamai sudah ada pemiliknya.

Untuk kedepannya, Desa Kapi memiliki wacana untuk menjadikan kebun pisang cavendis ini menjadi agro wisata yang dapat memberdayakan masyarakat desa serta mengenalkan pembudidayaan pisang jenis cavendis untuk menginspirasi desa-desa lain di Kabupaten Kediri. (Kominfo/afi,team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner