Sunday, 08 December 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

63 Desa Kabupaten Kediri Sudah Deklarasi ODF

Ada peningkatan signifikan dalam progres Kabupaten Kediri mengedukasi warganya menjadi masyarakat yang peduli kesehatan dan kebersihan lingkungan. Salah satunya jumlah desa di Kabupaten Kediri yang sudah Open Defecation Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan menjadi 63 desa di tahun 2018 ini.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kediri, Widodo Imam Santoso, menyampaikan ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi dimana sudah tidak ada lagi satu orang pun yang buang air besar sembarangan. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit menular yang sangat berbahaya.

“Sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan berbagai upaya, salah satunya adalah Pencanangan Desa ODF dan pemberian bansos STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat),” jelasnya saat membacakan sambutan Bupati Kediri dalam acara deklarasi ODF dan Penerimaan Bansos STBM di Balai Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Senin (17/12).

Dalam kesempatan tersebut dijelaskan pada tahun 2018 Pemkab Kediri telah berhasil meng-ODF kan sebanyak 15 desa. Sehingga total dari 344 desa dan kelurahan di Kabupaten Kediri sebanyak 63 desa telah mendeklarasikan bahwa wilayahnya sudah bebas buang air besar sembarangan.

desaodf 2

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan, dr. Adi Laksono, menambahkan, kegiatan ini menjadi bagian untuk terus mengedukasi masyarakat untuk BAB yang sehat dan aman.

"Jangan lagi BAB di sungai karena dapat mencemari sungai dan dapat menularkan berbagai macam penyakit berbahaya. Seperti diare, kaki gajah dan mencemari air,” terangnya. (Kominfo/yda,lks,tj,wk)

banner