Thursday, 12 December 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Workshop Upaya Berhenti Merokok

ubm 1

Bertempat di Ruang Kilisuci Pemkab Kediri, diselenggarakan Workshop Upaya Berhenti Merokok (UBM) pada Kamis (13/12/2018). Acara yang diprakarsai oleh Dinas Kesehatan Kab. Kediri ini diikuti oleh pengelola PTM (penyakit tidak menular) Puskesmas se-Kabupaten Kediri dan para guru.

Kabid P2PTM dan Keswa, Etik Siti Rahayu, SKM menjelaskan, workshop ini bertujuan membentuk klinik UBM puskesmas. "Jadi di lembaga pendidikan, seandainya tidak bisa melakukan upaya berhenti merokok nantinya bisa konseling ke puskesmas, " jelasnya.

ubm 2

Kegiatan ini juga sebagai upaya menekan perokok di usia remaja guna menyongsong fase bonus demografi beberapa tahun mendatang. “Bonus demografi adalah masa dimana jumlah usia produktif meningkat secara signifikan. Bagaimana bisa optimal jika generasi muda kita merokok?” katanya.

Yang tidak kalah penting, menurutnya workshop ini juga akan ditindaklanjuti dengan pembentukan kawasan tanpa rokok (KTR) di semua tatanan, khususnya institusi pendidikan dan faskes.

Adapun penerapan klinik UBM nanti yakni dengan memberikan pelayanan konseling bagi warga sekolah atau pasien di puskesmas yang ingin berhenti merokok. Sedangkan pembentukan KTR di kawasan sekolah adalah dengan menerbitkan SK dari kepala sekolah tentang KTR.

ubm 3

Selain penyampaian materi, dalam kegiatan ini juga dilakukan pengecekan kadar karbon monoksida di tubuh dengan alat yang bernama Smokerlyzer. Seluruh peserta terlihat antusias mengikuti workshop yang digelar selama dua hari ini. Narasumber yang didatangkan yaitu Drs. Wandi, M.Pd, Yohanarina, SKM, MPh, Mochbidin, S.Pd Kons dan dr. Hermawan Krisdianto, Sp. Paru. (Kominfo/tee,tj,wk)

banner