Wednesday, 16 October 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Mudah, Murah dan Menyegarkan

Daun mint sering kita jumpai sebagai penghias hidangan makanan maupun minuman. Aromanya yang khas dengan sensasi dingin di mulut, membuat daun mint kerap digunakan untuk menambah cita rasa olahan makanan dan minuman, atau dalam pembuatan permen, shampoo dan pasta gigi.

mint 1

Hal ini pula yang dilakukan KWT Mekar Sari Mantren Tengger Kidul Kecamatan Pagu. Mereka memanfaatkan daun mint sebagai bahan pembuatan minuman herbal. Ada tiga varian yang dihasilkan, yaitu Rosela Mint, Lemon Mint dan Moringa Mint. Di masyarakat, moringa lebih sering dikenal dengan sebutan daun kelor.

Ibu Sri salah satu anggota KWT Mekar Sari menjelaskan, pembuatan minuman ini sangatlah mudah. Daun mint dipilih yang bunganya sudah tua, dipetik, dicuci kemudian direbus. “Kalau yang masih muda rasanya kecut, jadi kita pilih yang tua. Sekali rebus, dibuang. Untuk gula sebelum dicampur dicairkan terlebih dahulu,” katanya (20/11).

Begitu juga dengan lemon, bunga rosela dan daun kelor. Masing-masing direbus sendiri dan setelah dingin baru dicampur dengan rebusan mint dan gula cair. “Minuman ini tanpa bahan pengawet mbak, jadi hanya tahan dua hari. Tapi kalau disimpan dalam lemari es, bisa sampai satu minggu,” lanjutnya.

mint 2

Sensasi segar dan dingin terbayang ketika melihat minuman ini. Dan benar, aroma rosela berpadu dengan dinginnya mint, atau rasa lemon ditambah mint, membuat hilang dahaga. Semriwing dingin masih tertinggal di mulut bahkan ketika minuman ini sudah direguk habis.

“Bikinnya mudah, harganya murah dan menyegarkan. Kami sering menjualnya saat ada acara-acara desa atau pameran di kecamatan. Warga juga banyak yang pesan untuk dijadikan oleh-oleh maupun hidangan,” ujar Ibu Sri.

Minuman ini dikemas dalam botol 250 ml dan 350 ml. Untuk kemasan 250 ml dijual dengan harga Rp. 3500,- dan kemasan 350 ml dijual Rp. 5000,-. Sangat ramah di kantong bukan? (Kominfo/tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner