Selasa, 25 Juli 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Perkuat Persatuan & Kesatuan dengan Forum Pembauran Kebangsaan

Masyarakat Kabupaten Kediri terkenal rukun. Meski terdiri dari beragam suku maupun agama yang berbeda, masyarakat tetap menjaga toleransi dan mampu hidup berdampingan dengan baik.

FPK 1

Demikian disampaikan Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dalam audiensi bersama Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Kediri di Ruang Bupati, Jumat (17/3). Di hadapan pengurus FKP Kabupaten Kediri, Bupati Haryanti menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Cikal bakal berdirinya Republik Indonesia adalah adanya persatuan. Kalau dulu pada masa sebelum kemerdekaan suku-suku bangsa tak bersatu, belum tentu saat ini kita dapat merasakan kemerdekaan. Semua punya satu tujuan yaitu merdeka dari penjajahan,” kata beliau.

FPK 3

Oleh karenanya, Bupati Haryanti berharap keberadaan Forum Pembauran Kebangsaan ini dapat memberikan pengetahuan akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan, sekaligus membentengi masyarakat dari segala pengaruh negatif serta dapat menyikapi secara bijaksana berbagai isu yang berpotensi menyebabkan perpecahan dalam masyarakat.

Ketua FKP Kabupaten Kediri Drs. H. Purnomo, MSi menyampaikan bahwa salah satu tujuan pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan adalah untuk memperkuat wawasan kebangsaan di Kabupaten Kediri, sehingga kehidupan sosial, kemasyarakatan dan keagamaan di Bumi Panji ini akan semakin baik.

FPK 5

“Selain di tingkat Kabupaten, Forum Pembauran Kebangsaan ini juga akan dibentuk di tingkat Kecamatan. Selain mengadakan sosialisasi kepada masyarakat, tentu kami juga akan terus meningkatkan koordinasi. Sehingga jika ada gejala-gejala yang mengarah pada perpecahan dapat segera diatasi,” terang Drs. H. Purnomo, MSi.

Untuk diketahui, Forum Pembauran Kebangsaan dibentuk berdasarkan Permendagri No. 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah. Di Kabupaten Kediri, forum ini dibentuk tahun 2016 lalu melalui SK Bupati No. 188.45/244/418.32/2016. Susunan keanggotaan di forum ini juga mencerminkan keragaman yang ada di Kabupaten Kediri karena terdiri dari beberapa suku/etnis, diantaranya suku Jawa, Aceh, Bali, NTT, Madura dan China. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh