Selasa, 25 Juli 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Destinasi Wisata Baru Bagi Penghobi Pancing

Anda gemar memancing? Ingin menyalurkan hobi sekaligus merasakan kesegaran udara pedesaan? Cobalah mengunjungi Sumber Sendang di Desa Sendang Kecamatan Banyakan. Sumber tersebut dikelola menjadi 6 kolam berjajar yang dikelilingi sawah dan pohon-pohon trembesi. Hijaunya dedaunan dan semilir angin menyapa begitu kita tiba disana. Sangat asri dan bikin betah.

KOLAM SENDANG 4

Kolam-kolam pemancingan tersebut berada di area seluas 180 ru. Lima kolam berukuran 15 x 20 m, sedangkan satu kolam berukuran 17 x 25 m. Di pinggir salah satu kolam, tampak sebuah warung kecil milik Moh. Solikin. Pria paruh baya yang biasa disapa Pak Solikin ini juga menjadi pengelola kolam-kolam pemancingan tersebut.

Kepada Tim Kominfo yang mengunjunginya Selasa (14/3), Pak Solikin bercerita mulai mengelola kolam pemancingan selama 4 tahun. “Dulu terbengkalai mas, saya melihatnya kok eman. Kemudian kolam-kolam saya perdalam dan saya bangun warung disini. Kira-kira 1,5 bulan total pengerjaannya,” kata Solikin. Di warungnya, Pak Solikin menjual kopi, teh dan beragam gorengan.

KOLAM SENDANG 3

Pemancingan tersebut buka selama 24 jam. Para pengunjung bisa memancing ikan lele atau nila dengan tarif 20 ribu/kg untuk lele dan 23 ribu/kg untuk ikan nila. Tak hanya penduduk sekitar, para mancing mania ini juga datang dari luar kecamatan.

KOLAM SENDANG 2

“Biasanya paling rame hari Sabtu atau Minggu mas, ada yang datang bareng-bareng dan mancingnya dengan sistem wul-wulan (joinan). Kadang juga saya kasih bonus mas, 10 kg bonus 1 kg,” tutur Solikin sambil membuat secangkir kopi. Dalam seminggu, Pak Solikin bisa menjual hingga 1 kwintal ikan.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Sendang Muntaha Kamal mengungkapkan bahwa area Sumber Sendang merupakan lahan desa. Melihat potensi dan kondisi lingkungan sekitarnya, Muntaha berencana menjadikan sendang tersebut sebagai destinasi wisata.

KOLAM SENDANG 1

“Ke depan saya ingin mengembangkan sendang ini untuk dibuat wahana pemancingan, pemandian dan kuliner. Nanti juga ada wahana permainan air untuk anak-anak,” katanya. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh