Sabtu, 27 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Berbagi pengalaman, Eratkan Tali Silaturahmi.

Kadang kita juga membenarkan arti dari Pribahasa Gajah di pelupuk mata tidak tampak tapi semut di seberang lautan tampak. Arti dari pepatah ini sangatlah luas tergantung bagaimana kita menyikapinya dalam makna setiap kata dan perbuatan.

Tapi bila kita ingin memajukan atau ingin menggali potensi yang ada di daerah kita, tentunya kita harus bisa melihat daerah lain yang sudah maju untuk sekedar sebagai bahan referensi atau perbandingan, bagaimana kedepannya potensi yang ada didaerah kita supaya bisa dikelola menjadi wisata edukasi, dengan tangan-tangan trampil warga desanya.

PAK MUL 1

Kepala Dusun Slumbung Desa Mlancu Kecamatan Kandangan Mulyono, bersama sekitar 10 orang warga Slumbung, ingin berbagai pengalaman dan studi banding ke Desa Kanyoran, melihat pengembangan potensi Desa Kanyoran untuk bisa sebagai bahan perbandingan dalam mengembangkan potensi yang ada di Desa Mlancu.

Mulyono mengatakan disamping kami dolan, kami juga membawa cindra mata berupa hasil stekan durian Slumbung yang terkenal legit dan meduk juga dalam kontes Dahar Duren tahun 2016 sebagai juara ke dua Tingkat Kabupaten Kediri, untuk bisa ditanam di Desa Kanyoran.

PAK MUL 3

Disamping bibit durian Slumbung kami juga membawa bibit Alpokat Mentega, semua bibit ini dijamin laik tanam karena bibit ini memiliki kualitas yang sangat baik. Kedepannya akan kita stek antara durian Kanyoran dengan durian slumbung. Kata Mulyono.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri Ir.Adi Suwignyo, M.Si bahwa kita harus terus membudidayakan buah local sebagai buah unggulan. Hal ini sesuai dengan pesan dari Ibu Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno, bahwa kita harus mengkonsumsi buah local dan juga membanggakan buah local, karena buah local disamping sehat, sumber vitamin juga tidak menggunakan bahan pengawet.

PAK MUL 4

“Saya sangat mengaprsiasi dan mendukung sepenuhnya niat dari Pak Wo Slumbung memberikan bibit alpokat mentega dan durian Slumbung ini, semoga bermanfaat bagi warga Desa Kanyoran, 5 tahun kedepan kita bisa menikmati hasil dari tanaman ini. Kata Adi Suwignyo sambil mencicipi durian slumbung.

Kepala Desa Kanyoran Yitna bersama Babinsa Desa Kanyoran dan Desa Pagung serta Ketua Karang Taruna Desa Kanyoran dan Pagung, menyambut baik dan merasa senang dengan pemberian bibit durian Slumbung dan alpukat Mentega.

“Kami akan merawat tanaman ini dengan sebaik-baiknya sampai bisa menghasilkan”. Kami juga akan belajar bagaimana cara membuat stek durian montong dengan durian Slumbung. Kalau durian montong tempat kami bisa di kategorikan super besar, bila di stek dengan durian Slumbung tentu rasanya akan melekat selalu dihati. Kata Yitna dengan bangga.

PAK MUL 2

Disamping dolan/main warga Slumbung juga ingin melihat tubing yang ada di Kanyoran, karena daerah Mlancu hampir sama dengan di Kanyoran, juga memiliki sungai yang sangat lebar, aliran air yang stabil tidak terlalu deras, bisa juga untuk di buat tubing atau arum jeram.

Didukung dengan potensi buah durian, alpukat, rambutan dan keahlian untuk membuat gazebo, bisa kita kelola potensi Desa Mlancu menjadi wisata Edukasi yang bisa diandalkan untuk Kabupaten Kediri. Semoga bisa terealisasi. (Kominfo)