Sunday, 20 October 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Terapkan TPP, Pemkab Boven Digoel Papua Ngangsu Kawruh ke Pemkab Kediri

Pemerintah Kabupaten Boven Digoel Propinsi Papua melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Kediri. Rombongan Pemkab Boven Digoel dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Boven Digoel, Yoseph Awunin, S. Sos dan diterima oleh Asisten Administrasi Umum, Mamiek Amiyati, SH, MH di Ruang Grahadi Kantor Pemkab Kediri, Selasa (5/3).

Kunjungan kerja ini dalam rangka belajar bagaimana inovasi Pemkab Kediri dalam melakukan penerapan Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) selama ini. Selanjutnya inovasi tersebut akan diterapkan di Kabupaten Boven Digoel Propinsi Papua.

Asisten Mamiek dalam sambutannya menyampaikan kebahagiaannya atas kunjungan Kab. Boven Digoel ke Kab. Kediri. Dirinya berharap Pemkab Boven Digoel dapat menjadi rekan belajar bagaimana membangun pelayanan publik yang semakin baik.

“Kabupaten Kediri pada dasarnya masih belajar bagaimana berproses dalam mengelola pelayanan publik yang baik. Dengan hadirnya Pemkab Boven Digoel harapannya dapat menambah rekan belajar termasuk dalam penerapan TPP,” jelasnya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Mamiek, TPP diterapkan di Kabupaten Kediri tahun 2015, diawali dengan membuat aplikasi figerprint online dan siabjo. Selanjutnya dalam prosesnya ditambah dengan membuat aplikasi e-kinerja.

boven 2

Hasilnya menjadi dasar pembentukan komponen TPP. Aplikasi ini termasuk kuat karena didukung seluruh infrastruktur internet di seluruh SKPD Kabupaten Kediri, dibawah support Kominfo Kabupaten Kediri,” terangnya.

Sekda Boven Digoel, Yoseph Awunin, mengatakan gambaran yang didapat dari Kabupaten Kediri menjadi sumber informasi penting bagaimana langkah-langkah dalam membangun jaringan guna penerapan TPP. Selain itu juga dikonsultasikan semua kendala misal cara membuat server dari nol, mengelola cadangan data bila terjadi gangguan dan bagaimana menangani masalah geografis Papua yang berbukit-bukit.

Kami senang disini bisa mempelajari dari sisi SDM dan teknis serta memberikan gambaran terkait bagaimana planning, budgeting, hingga TPP yang akan diterapkan di Boven Digoel nantinya. Kami juga berharap hasil dari kunjungan ini bisa memacu Boven Digoel lebih baik lagi, bertumbuh, berkembang dan bisa terjalin kerjasama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Kediri,” terangnya.

Menjawab hal tersebut Asisten Mamiek mengajak Pemkab Boven Digoel untuk melihat dari dekat Dinas Kominfo Kab Kediri dan mengkonsultasikan kendala yang dihadapi. Mengingat pada masa-masa awal, Pemkab Kediri juga memiliki kendala dengan lokasi Kab. Kediri yang berbukit-bukit.

boven 3 

Kunjungan di Dinas Kominfo diterima oleh Kabid Infrastruktur, Farman, S.Sos, M.Si. Dalam solusinya, Kominfo Kab Kediri mengusulkan agar Pemkab Boven Digoel bisa menggunakan jaringan radio internet di lokasi bukit. Sembari membangun jaringan yang lebih stabil.

Untuk daerah bukit bisa menggunakan radio dulu yang ditembak lewat pemancar. Sembari membangun jaringan yang lebih stabil. Nah, di Kab Kediri juga seperti itu dulu, sekarang radio ini masih kami gunakan bila ada gangguan. Bahkan jaringan radio ini kami gunakan sampai saat ini sebagai back up,” tuturnya. (Kominfo/yda,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh