Angkat Potensi Desa Lewat Fotografi

sariguno 1

Pelatihan dan Pembinaan Fotografi dan Jurnalistik Karang Taruna Desa Sumberagung Kecamatan Wates kembali digelar pada Kamis (21/2/2019). Pada kegiatan hari kedua ini dilaksanakan praktik pengambilan gambar bersama di kawasan Sumber Sari Guno.

Kegiatan ini diikuti oleh karang taruna Desa Sumberagung dan dihadiri pula oleh Arif Hanafi, pemateri dari Jawa Pos Radar Kediri. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB.

sariguno 2

Sesampainya di lokasi para peserta langsung mengeluarkan kamera masing-masing dan berkeliling lokasi untuk mengambil gambar dengan berbagai objek yang ada. Mulai dari air, tumbuhan hingga jembatan mampu disulap menjadi sebuah foto yang menarik. Sebagian peserta menggunakan kamera handphone, namun dengan teknik, komposisi, serta angle yang pas, ditambahi dengan kekreatifan peserta, hasil foto dari kamera handphone pun tak kalah dengan hasil foto menggunakan kamera profesional.

Selain mengambil foto di kawasan Sumber Sari Guno, para peserta juga memotret berbagai produk UMKM dari Desa Sumberagung, diantaranya berbagai macam kerajinan dan jajanan khas desa tersebut.

sariguno 3

Pelatihan ini dilaksanakan guna menerapkan teori yang telah didapatkan pada hari sebelumnya serta melatih peserta untuk memotret dengan teknik yang telah diajarkan. Dengan menghasilkan foto yang berkualitas, diharapkan nantinya dapat pula mengangkat potensi Desa Sumberagung.

Menurut Hanafi, hasil foto yang bagus tidak cukup hanya dengan sekali jempretan, namun hingga beberapa jepretan untuk menghasilkan sebuah foto yang bagus.

“Cobalah untuk membidik objek dari berbagai sudut yang tidak biasa dan beragam untuk menghasilakan foto dengan sentuhan yang unik dan berbeda. Serta lakukan tak hanya cukup dengan satu kali jepretan untuk menghasilkan suatu foto yang bagus dan menarik,ujar Hanafi.

sariguno 4

Hasil dari foto tersebut kemudian dievaluasi. Arif Hanafi pun memberikan tips and trick bagaimana menghasilkan foto menarik khalayak publik. Beberapa foto sudah terlihat menarik, ada juga salah satu peserta yang mampu menyulap objek menjadi sebuah foto yang sangat menarik. Hal tersebut tentunya tak lepas dari tingginya antusias peserta terhadap pelatihan fotografi yang mereja ikuti. (Kominfo/je,all team,tj,wk)