Dua Taman Cantik Hadir di Pare

Fasilitas yang ada di Taman Hutan Kota dan Taman Ringin Budho Pare sudah dapat dinikmati masyarakat setelah diresmikan Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, Senin (21/1). Salah satu spot yang menarik adalah keberadaan air mancur yang menyuguhkan formasi tarian.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Putut Agung Subekti saat ditemui di lokasi menjelaskan, air mancur memanfaatkan sumber air yang telah ada, jadi tidak ada penggalian/pengeboran sumur dalam. Di sekitar air mancur bakal ditanami sekitar 44 jenis tanaman langka seperti miri, kayu putih dan kluwak. Diharapkan tanaman ini menjadi sarana edukasi bagi masyarakat sehingga mengetahui jenis tanaman.

"Dari 1,5 hektar, sementara yang telah dimanfaatkan baru satu hektar," tambahnya.

"Di lokasi juga akan dilengkapi dengan kebun binatang mini. Di Taman Ringin Budho juga dilengkapi dengan taman fitnes dan arena permainan anak-anak dan tradisional. Sementara hewan yang telah ada baru angsa liar yang memang sejak lama sudah ada di taman hutan kota," jelasnya.

taman 2

Bupati Kediri dr Haryanti Sutrisno mengharapkan dengan dibukanya Taman Hutan Kota menjadi sarana rekreasi keluarga.

"Masyarakat juga butuh hiburan, tidak harus datang ke mall cukup di hutan kota ataupun taman Ringin Budho," jelasnya.

Beliau pun menghimbau di taman yang sudah bagus tersebut, masyarakat ikut menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

Sementara bagi PKL, kebersihan harus diprioritaskan, karena merupakan salah satu cara agar pengunjung betah. Termasuk memasang daftar harga makanan yang dijualnya.

taman 4

"Taman Hutan Kota juga dilengkapi dengan permainan lampu pada malam hari sehingga menjadi lebih menarik. Pesan kami fasilitas itu jangan sampai dirusak, harus merasa memiliki dan ikut menjaga kebersihannya," pesannya. (Kominfo/lks,team,tj,wk)