Monday, 19 August 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Kebonrejo Siap Cegah Stunting

Jika sehari sebelumnya sarasahen dan rembuk stunting digelar di Desa Bulusari Kec. Tarokan dan Desa Ringinrejo Kec. Ringinrejo, Kamis (18/7) kegiatan serupa kembali dilaksanakan Tim Percepatan Penurunan Stunting Kab. Kediri di Desa Kebonrejo Kec. Kepung dan Desa Susuhbango Kec. Ringinrejo.

kebonrejo 1

Rembuk stunting di Desa Kebonrejo dihadiri Kepala Bidang Pemerintah Desa DPMPD Kab. Kediri, Heru Setiawan, SE, MM, Kepala Seksi Keluarga dan Gizi Dinkes Kab. Kediri, Retno Nur Azizah, SKM., M.Kes., Plt. Camat Kepung, Nur Said, SE, Kepala Puskesmas Kepung, drg. Agus Ahmadi, Kepala Desa Kebonrejo, Yoni Widarto, perwakilan Dinas Perikanan Kab. Kediri, Ana Ulfa Setiya Ningrum, S.Pi, serta peserta dari TP PKK Kecamatan dan desa, kader posyandu, pendamping desa serta tokoh agama dan masyarakat Desa Kebonrejo.

Dibuka oleh Plt Camat Kepung, Nur Said, SE, beliau menyampaikan akan berkomitmen penuh untuk melaksanakan konvergensi dan percepatan penurunan stunting ini khususnya di wilayah lokus stunting Desa Kebonrejo.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, dengan bersama-sama bergerak mulai dari masyarakat maupun instansi terkait, kami akan mendukung dan menfasilitasi penuh segala kegiatan yang dibutuhkan untuk mengatasi stunting. Mudah-mudahan di Desa Kebonrejo terhindar dari stunting dan masyarakat bisa sehat dan sejahtera,” ungkap Nur said.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kasi Keluarga dan Gizi, Retno Nur Azizah, SKM.,M.Kes terkait pencegahan dan penanganan stunting pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Beliau menjelaskan tentang situasi saat ini, bagaimana strategi dan upaya yang harus dilakukan dari desa lokus stunting.

kebonrejo 2

Sedangkan Kepala Puskesmas Kepung, drg. Agus Ahmadi menjelaskan tentang analisa situasi stunting di Desa Kebonrejo dan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan stunting.

“Kami akan mendukung penuh kegiatan seperti ini dan dalam perencanaan tahunan kita akan fokus pada masalah stunting. Di dalamnya ada program KIA (Kesehatan Ibu dan Anak, KB (Keluarga Berencana), Imunisasi, Program ARU (Anak Remaja dan Usia Lanjut), Kesehatan Lingkungan dan Promkes (Promosi Kesehatan). Itu semua akan dipadukan dalam program stunting tahun 2019 ini. Untuk kedepannya semoga jaminan kesehatan dan kesejahteraan khususnya di Desa Kebonrejo semakin baik dan sejahtera,” jelas drg. Agus Ahmadi.

Dalam acara kali ini juga bertindak sebagai narasumber, Kabid Pemerintah Desa DPMPD, Heru Setiawan, SE, MM, terkait ADD (Alokasi Dana Desa) dan DD (Dana Desa) dalam pemanfaatan untuk masalah stunting. Para peserta juga menyimak materi manfaat makan ikan serta pengolahan ikan untuk pemenuhan gizi alternatif yang efisisien, yang Ana Ulfa Setiya Ningrum, S.Pi dari Dinas Perikanan Kab. Kediri.

kebonrejo 3

Ditemui selesai acara, Kepala Desa Kebonrejo, Yoni Widarto, berharap Desa Kebonrejo akan terlepas dari lokus stunting ini. “Terkait stunting, kami sudah menyiapkan tahapan-tahapan pencegahan dan penanggulangan stunting. Kami akan melibatkan seluruh unsur masyarakat dan lembaga masyarakat untuk menanggulangi stunting, demi mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera”, kata Kades Kebonrejo.

Di akhir acara dilakukan penandatanganan ‘Pernyataan Komitmen Pelaksanaan Konvergensi Percepatan Pencegahan dan Penanganan Stunting’ di Desa Kebonrejo Kec. Kepung. (Kominfo,dn,tj,wk)

banner