Monday, 19 August 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Tekat Bulat Desa Kwaron Turunkan Stunting

Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri gencar memerangi stunting. Bertempat di Balai Desa Kwaron Kec. Papar, digelar acara "Sarasehan dan Rembuk Stunting Dalam Rangka Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting".

kwaron 1

Acara dibuka oleh Plt. Camat Papar Hadi Riwanto dan diikuti oleh warga dan perangkat Desa Kwaron. Pada kegiatan ini juga diundang dua orang ibu hamil dan 2 ibu menyusui. Tujuannya agar lebih tepat sasaran dan mengena langsung kepada masyarakat.

Secara teknis Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dr. Ika Tjandra Kusuma mengatakan, Desa Kwaron dipilih menjadi tempat acara karena desa ini termasuk dari 10 lokus stunting di Kabupaten Kediri.

"Kita jangan hanya terpancang dengan kekerdilannya saja. Tapi akibat dari stunting tersebut juga dapat menurunkan kecerdasan anak dalam berpikir yang akan berpengaruh pada pendidikan," ungkap dr. Ika Tjandra saat memberikan sosialisasi.

Ia pun menegaskan dalam menangani kasus stunting jangan hanya terpaku pada Dinas Kesehatan saja, tetapi bersinergi. Mulai dari lapisan masyarakat, pemerintah desa, dinas dan instansi terkait harus selalu berkomitmen dan fokus menurunkan angka stunting.

kwaron 2

"Karena dalam menangani stunting bisa melalui pemanfaatan dana desa dan swasembada dari hasil pertanian. Di Kabupaten Kediri khususnya warga desa Kwaron mayoritas berprofesi sebagai petani," terangnya, (11/7).

Hadi Riwanto Plt. Camat Papar dalam sambutannya memberikan pengertian apa itu stunting kepada masyarakat.

"Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang ditandai dengan tinggi badan anak lebih rendah dari standar usianya dan keterlambatan pertumbuhan otak. Kondisi ini diakibatkan kurangnya asupan gizi dalam waktu cukup lama sebagai dampak dari pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi, terutama dalam periode emas 1000 hari pertama kehidupan (sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun)," jelasnya.

“Dari kegiatan ini nanti saya harap warga bisa menyampaikan informasi penting ini kepada masyarakat luar agar percepatan penurunan stunting tercapai dengan baik,” lanjutnya.

kwaron 3

Pada acara tersebut bertindak sebagai narasumber adalah Kepala Puskesmas Papar dr. Moh. Ali Mashar, Kasie Budidaya Usaha Tani dan Paska Panen Tanaman Hortikultura Syamsul Hidayah dan dari DPMPD. Pada akhir acara juga dilakukan penandatanganan ‘Pernyataan Komitmen Pelaksanaan Konvergensi Percepatan Pencegahan dan Penanganan Stunting di Desa Kwaron Kecamatan Papar’. (Kominfo/lks,tj,wk)

banner