Tuesday, 16 July 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Gerakan Masyarakat Sehat dengan Olah Daun Kelor

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang digelar Dinas Kesehatan Kab. Kediri meliputi beberapa kegiatan, salah satunya lomba kreasi sayur daun kelor. Lomba ini dilaksanakan setelah acara senam bersama pada Jum’at, (21/6).

kelor 1

Seluruh peserta tampak sudah membawa beberapa kreasi olahan daun kelor dan berkumpul di Balai Desa Mlati Kec. Mojo. Pukul 09.00 WIB tim juri dari Dinas Kesehatan, DP2KBP3A, Dinas Kominfo dan RSUD SLG memasuki lokasi dan mengarahkan peserta untuk menyajikan seluruh masakannya selama 30 menit.

Para peserta sangat antusias untuk menyajikan hasil kreasinya agar tampak menarik. Banyak kreasi makanan yang dihasilkan mulai dari sayur bening, pepes kelor, botok kelor, perkedel kelor, nugget kelor, bandeng kelor, rempah tahu kelor, kripik daun kelor, jus kelor, teh kelor dan agar-agar kelor.

kelor 2

Daun kelor dipilih sebagai bahan kreasi masakan karena kaya akan vitamin, mineral dan serat. Maka sangat baik juga untuk dikonsumsi anak-anak. Tentu diharapkan ini dapat mengurangi kasus stunting." ucap Camat Mojo, Sukemi, S.Sos.

Terdapat tiga kriteria penilaian lomba kreasi kali ini, yaitu rasa, kreasi dan tampilan. "Untuk penilaian, kami memberikan skor mulai 1-100 untuk setiap kategori,” ujar Sriyani dari Dinas Kesehatan Kab. Kediri.

Selama 45 menit keempat juri berkeliling untuk memberikan penilaian kepada 20 peserta lomba. Ada beberapa kreasi yang dianggap memiliki nilai jual. "Selain kandungan gizinya yang bermanfaat, ada beberapa kreasi yang cocok untuk dijual dan bisa menjadi produk unggulan Kec. Mojo," tambah Camat Mojo, Sukemi.

kelor 3

Setelah mempertimbangkan beberapa penilaian, akhirnya dewan juri memutuskan pemenang lomba kreasi ini. Juara 1 diraih oleh Desa Keniten, juara 2 diraih oleh Desa Kranding dan juara 3 diraih oleh Desa Maesan. Ketiga pemenang tersebut mendapatkan hadiah yang diserahkan di akhir acara. (Kominfo/daw, lks, tj,wk)

banner