Monday, 19 August 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Inspektorat Siap Kawal Program BSPS

Tidak hanya Dinas Perumahan dan Permukiman yang berperan dalam proses pemberian BSPS di Kabupaten Kediri, Inspektorat juga turut berperan penting dalam program ini. Peran penting Inspektorat adalah mengawasi proses bantuan mulai perencanaan, penyaluran sampai pemanfaatan bantuan oleh penerima.

inspektorat 1

Berkaitan dengan bantuan, warga dapat berkonsultasi dengan fasilitator lapangan terkait material, kemudian mengajukan material sesuai dengan kebutuhan. Setelah mendapatkan bantuan, warga harus mengecek apakah bantuan material tersebut sesuai usulan. Pengecekan akan mempermudah proses penyaluran dan bantuan untuk peningkatan kualitas hunian akan berjalan dengan lancar.

“Bantuan material nanti harus dimanfaatkan sepenuhnya oleh penerima, tidak boleh disisakan dan tidak boleh dijual,” kata Mamik Sutarmi dari Inspektorat Kab. Kediri.

Inspektorat akan terus melakukan monitoring hingga akhir proses. “Pada monitoring tersebut, inspektorat akan mengawasi dan melihat apakah bantuan yang diterima warga benar-benar dimanfaatkan sesuai dengan aturan. Begitu juga dengan pertanggungjawaban, apakah sudah sesuai dengan kondisi riil di lapangan,” tambahnya, (19/6).

inspektorat 2

Untuk diketahui, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas rumah masyarakat dengan memberikan dana stimulan. Bantuan ini bukan dalam bentuk uang tunai, melainkan berupa bahan bangunan yang digunakan untuk merehab rumah. Dalam pelaksanaannya dilakukan oleh masyarakat untuk memperbaiki atau membangun rumah secara gotong royong. (Kominfo/daw,lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner