Tuesday, 16 July 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Mengenal Lebih Dalam Arca Ganesha di Kwagean Kepung

Berdasar informasi awal yang dihimpun dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kediri, arca ganesha yang ditemukan di Dusun Kwagean, Desa Krenceng, Kecamatan Kepung merupakan temuan yang istimewa. Dikatakan begitu karena secara fisik arca tersebut secara fisik lengkap dan sempurna.

arca 1

Eko Priatno, Kasi Museum dan Purbakala Disparbud, mengatakan arca ganesha ini temuan luar biasa lengkap. Secara identitas menunjukkan peninggalan di zaman kerajaan hindu. Karena ganesha dalam kepercayaan hindu adalah putra dari Dewa Siwa.

“Kalau dari corak langgamnya temuan ini berasal dari zaman kerajaan antara abad 10 hingga abad 12. Yakni antara masa kerajaan Kahuripan hingga kerajaan Kediri bertahta. Namun bila dilihat lebih mendalam mengarah ke ciri peninggalan di masa Kerajaan Kediri karena ada tanda tengkorak di mahkota ganesha,” terangnya (17/6).

Ditambahkan oleh Eko, ganesha dalam sejarah dipercaya sebagai dewa ilmu pengetahuan. Keberadaan ganesha dan wilayah Kediri begitu lekat dari zaman kerajaan hingga kini. Bahkan, lambang Kabupaten Kediri saat ini juga digambarkan dengan ganesha.

arca 2

“Ini semua bersifat temuan informasi awal dari yang kami temukan di lokasi. Selanjutnya kami sudah berkoordinasi dengan Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto. Dimana dalam satu dua hari ini akan meninjau lokasi. Harapannya akan banyak informasi lanjutan serta langkah-langkah apa yang harus dilakukan terhadap temuan ini,” tambahnya. (Kominfo/yda,lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner